Home / Artikel Kesehatan / Atasi Biang Keringat Dengan Langkah Sederhana Ini

Atasi Biang Keringat Dengan Langkah Sederhana Ini

Di negara kita Indonesia yang beriklim tropis Biang keringat atau sering juga disebut keringet buntet (jawa) adalah masalah kulit yang umum bagi anak maupun dewasa. Apalagi disaat musim kemarau seperti saat ini. Rasa gatal,ruam kemerahan ,membuat kulit terasa tidak nyaman.

Jenis-jenis biang keringat. Berdasarkan perbedaan kelainan yang muncul di kulit, maka biang keringat dibedakan menjadi tiga :

Miliaria kristalina

Sumbatan yang terjadi pada bagian atas dari lapisan kulit.
Ciri-ciri: Gelembung kecil berukuran 1-2 mm, berisi cairan jernih seperti tetesan air, namun tanpa disertai munculnya kulit kemerahan.
Lokasi: Dahi, leher, punggung dan dada.

Miliaria rubra

Sumbatan terjadi pada bagian tengah lapisan kulit.
Ciri-ciri: Gelembung kecil, masih berukuran 1-2 mm dan berwarna merah. Gelembung biasanya tersebar, tapi dapat juga berkelompok. Disertai keluhan sangat gatal dan pedih bila berkeringat. Biang keringat ini paling sering ditemukan.
Lokasi: Bagian-bagian tubuh yang tertutup pakaian dan yang tergesek pakaian.

Miliaria profunda

Sumbatan terjadi pada bagian dalam dari lapisan kulit.
Ciri-ciri: Bintil-bintil putih berukuran 1-3 mm, dan tidak disertai kulit yang kemerahan. Tidak juga menimbulkan rasa gatal. Biang keringat ini jarang sekali dijumpai.
Lokasi: Badan, lengan dan tungkai.

Terapi terbaik adalah mencegah produksi keringat yang berlebihan. Caranya? Saat cuaca panas gunakan kipas angin atau AC untuk mengurangi suhu udara yang panas dalam ruangan, kenakan baju yang tipis dan  menyerap keringat, serta kurangi aktivitas fisik (bila memungkinkan). Hindari membubuhkan bedak pada kulit yang basah, karena bedak menghambat keluarnya keringat.
Biang keringat yang ringan, yakni area ruam tidak luas, ruam tidak terlalu tebal, dan  tak terlalu mengganggu , tidak membutuhkan pengobatan.

Biang keringat yang berat mungkin memerlukan obat topikal (obat bukan diminum), yakni lotion yang mengandung calamin yang memberikan rasa dingin dan mengurangi rasa gatal dan lanolin  bisa membantu mencegah sumbatan saluran kelenjar keringat serta mencegah munculnya ruam baru di tempat lain . Jika keluhan sangat berat, bisa dipertimbangkan memberinya salep anti alergi.
Umumnya, biang keringat sembuh dengan sendirinya dan  tidak perlu ke dokter. Konsultasikan  ke dokter kalau biang keringat  ternyata semakin parah (meluas areanya), dan sudah terjadi lebih dari 3-4 hari. Perlu diwaspadai bila biang keringat dilikuti gejala berikut:

Rasa sakit menjadi-jadi

Area yang terkena biang keringat semakin merah dan teraba hangat

Bernanah

Ada kelenjar getah bening setempat yang membengkak

Demam atau menggigil

Semoga bermanfaat!

 

Check Also

Pisang Obat Saluran Pencernaan Dan Insomnia

Dalam Buah Pisang yang masak mengandung serotonin yang merupakan substansi kimia yang bermanfaat menekan sekresi ...

...