Home / Apotik Hidup / Cara Memanfaatkan Kayu Putih Sebagai Obat Manjur

Cara Memanfaatkan Kayu Putih Sebagai Obat Manjur

Kayu Putih, yang terlintas di benak kita pasti sebotol minyak beraroma khas yang biasa digunakan pada waktu sedang tidak enak badan, masuk angin, sakit kepala dan ganggan perut. Sepertinya tanpa kita membaca pada kemasan minyak kayu puith, insting kita langsung menyarankan untuk menggosokkan minyak ini pada anggota tubuh yang sakit. Setidaknya begitulah sebagian besar orang yang sudah mengenal baik Minyak Kayu Putih.

Mengenal lebih jauh tanaman Kayu Putih

Kayu putih adalah sejenis pohon dimana hasil minyak dari olahan daun keringnya dapat digunakan untuk obat. Meskipun kayu putih digunakan untuk banyak tujuan kesehatan, namun belum ada bukti ilmiah untuk menilai seberapa efektif kegunaannya. Tanaman kayu putih masuk dalam anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) dan genus Melaleuca.

Kayu putih merupakan tanaman penghasil minyak atsiri dari hasil penyulingan daunnya yang sangat berguna untuk obat. Sebaran alami tanaman ini terdapat di Pulau Ambon, P. Buru dan P. Seram, P. Aru dan P.Tanimbar sedangkan di P. Jawa ditanam secara komersial oleh Perum Perhutani diantaranya di Indramayu, Banten, Sukabumi dan Majalengka, Gundih, Yogakarta, Cepu, Ponorogo dan Mojokerto, Madiun dan Kediri (Kasmudjo,1992; Pusat Litbang Hutan Tanaman, 2006).

Kandungan zat kimianya antara lain minyak atsiri, sineol (kayuputol), terpinol bebas atau sebagai ester dengan asam cuka, asam mentega, asam valerat, untuk minyak kayu putih kadar  sineol tidak boleh kurang dari 50% dan tidak lebih dari 65%.

Khasiat Kayu Putih Untuk Pengobatan

Demam, flu dan batuk

Daun kayu putih yang masih segar 15 gram, Rebus air dua gelas hingga airnya berkurang menjadi satu gelas, Saring ambil airnya. Minum air ramuan tersebut dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Insomnia

Siapkan 9-10 gram kulit kayu putih yang sudah kering. Direbus denga dua gelas air hingga airnya berkurang menjadi setengahnya. Saring ambil airnya, untuk diminum dua kali sehari, dan sekali minum setengah gelas.

Luka yang bernanah

Sediakan kulit kayu putih yang masih muda, kunyah atau dapat juga ditumbuk kulit kayu tersebut dan tambahkah jahe dan asam jawa. Setelah halus tempelkan pada luka yang bernanah tersebut. Lakukan dengan rutin.

Radang kulit

Satu genggam daun kayu putih yang masih segar. Cuci sampai bersih lalu rebus air sebanyak tiga gelas sampai mendidih. Angkat dan biarkan hingga hangat-hangat kuku. g Gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh bagian tubuh yang terkena radang kulit.

Nyeri tulang

Kira-kira 10 gram daun kayu putih yang sudah kering, direbus air sekitar dua gelas hingga airnya tersisa menjadi satu gelas. Dinginkan, lalu saring ambil airnya untuk kemudian diminum air ramuan tersebut dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...