Home / Artikel Kesehatan / Cara Menunda Menstruasi Saat Diperlukan

Cara Menunda Menstruasi Saat Diperlukan

Kadang wanita terjebak dalam jadwal yang padat misalnya, Anda sedang ada jadwal kompetisi lomba berenang, schedule liburan romantis, bulan madu atau acara sosial yang penting. Banyak wanita yang menunda periode menstruasi mereka selama acara penting itu, karena dengan menunda menstruasi mereka akan terhindar dari repotnya saat menstruasi, sehinga siklus hormonalnya terganggu.

Pengobatan untuk menunda menstruasi sementara yang terbaik adalah tidak mengganggu siklus hormonal alami tubuh. Ada beberapa cara sederhana untuk menunda menstruasi Anda dengan pengobatan sederhana dirumah.

Cara untuk tunda menstruasi dengan pengobatan di rumah :

Pil KB

Hormon progesteron dikatakan untuk mendukung menstruasi. Menjaga kadar progesteron yang tinggi dalam tubuh Anda akan mencegah menstruasi terjadi.

Trik otak untuk berpikir bahwa tubuh sedang hamil dan menstruasi tidak terjadi dengan progesteron pada pil KB. Pastikan Anda mengambil progesteron hanya dalam bentuk Mini pil untuk mencegah menstruasi Anda terjadi. Mendiskusikan berbagai kemungkinan dengan dokter Anda tampaknya jauh lebih aman.

Tampon

Penggunaan tampon tidak mencegah menstruasi terjadi. Namun menggunakan tampon lebih higienis dan praktis serta bersih untuk digunakan terutama jika Anda bepergian jauh atau berpartisipasi dalam kompetisi renang. Bahkan, banyak perenang menggunakan tampon selama kompetisi berenang karena lebih bersih dan tidak menghalangi kemampuan mereka untuk berenang.

Jika Anda ingin menunda periode menstruasi dalam jangka waktu yang cukup lama, disarankan untuk meminta saran dari dokter.

Berikut adalah cara alami menunda menstruasi untuk sementara waktu :

Jahe

Hindari minum air jahe atau konsumsi herbal jahe. Jahe sangat ampuh dan dapat menghasilkan panas dalam tubuh. Dikatakan bahwa minum teh jahe mempercepat terjadinya siklus menstruasi. Seringkali, minum teh jahe dapat menginduksi kram menstruasi dan memulai periode.

Peterseli

Hindari juga daun ini. Daun peterseli dikatakan menginduksi menstruasi meskipun tidak ada data ilmiah yang mendukung hal ini.

Makanan Pedas

Jika ingin menunda menstruasi maka hindari makanan pedas. Ilmu kuno klasik telah menyarankan bahwa konsumsi makanan panas tertentu cenderung untuk memulai periode menstruasi dan dapat mengakibatkan kram perut yang menyakitkan. Ini termasuk makanan panas dan pedas yang menginduksi menstruasi. Makanan tertentu yang menghasilkan panas seperti mangga dan pepaya juga dapat menyebabkan perdarahan. Itulah mengapa makan buah-buahan ini selama kehamilan biasanya tidak dianjurkan.

Stres dan Puasa

Beberapa wanita secara alami dapat menunda siklus menstruasi mereka karena stres yang ekstrim dan puasa. Namun, hal ini tidak dianjurkan karena hal ini juga dapat menjadi berbahaya bagi kesehatan tubuh. Puasa dapat menyebabkan gizi buruk dan stres yang ekstrim dapat mengambil memperburuk kesehatan lainnya juga.

Cuka sari apel

Ambil segelas air mineral, campur dengan tiga atau empat sendok cuka sari apel. Ini adalah cara yang efektif untuk menunda menstruasi. Ini akan memperlambat gejala menstruasi. Minum ramuan ini setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Gelatin

Ini adalah metode yang sangat efektif untuk menunda menstruasi secara alami. Ambil sebungkus gelatin dan campur dengan air hangat. Minum ramuan ini akan membantu menunda menstruasi selama sekitar empat jam. Ini adalah cara terbaik untuk menunda menstruasi secara alami, ketika Anda dihadapkan pada situasi darurat.

Hal-hal di atas  hanya disarankan untuk sesekali,namun sebaiknya lebih sehat untuk tidak mengganggu siklus menstruasi alami Anda, biarkan ia berjalan alamiah sendiri.

 

sumber: http://www.ladycarehealth.com/

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...