Home / Apotik Hidup / Dari Daun, Akar Hingga Minyak Nilam Kaya Khasiat

Dari Daun, Akar Hingga Minyak Nilam Kaya Khasiat

Nilam atau Pogostemon cablin Benth adalah tanaman semak yang berasal dari Filipina. Namun tanaman ini telah banyak dibudidaya di Indonesia. Misalnya di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah tepatnya di daerah Kecamatan Lebakbarang. Nilam oleh penduduk setempat lebih dikenal dengan nama dilem. Di Kecamatan Lebak Barang sendiri nilam sudah menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat sejak dahulu.

Manfaat Minyak Nilam :

Tanaman Nilam biasanya dimanfaatkan minyak atsirinya sebagai bahan pembuat parfum maupun kosmetik. Namun tak jarang minyak Nilam digunakan sebagai bahan pembuat obat antiseptik, anti jamur, anti jerawat, obat eksim, dan kulit pecah-pecah, serta ketombe. Tak berhenti sampai disitu manfaat lainnya adalah mengurangi peradangan, membantu mengurangi kegelisahan dan depresi, membantu penderita insomnia atau gangguan tidur dan bersifat afrodisiak meningkatkan gairah seksual, sebagai obat batuk, demam, asma, disentri, sakit kepala, obat bisul dan rematik.

Sebenarnya tidak hanya minyak nilam saja yang berkhasiat, akar dan daun Nilam juga memiliki khasiat penyembuhan diantaranya seperti obat rematik, yaitu dengan meremas akar Nilam lalu dioleskan pada bagian yang sakit. Sedangkan untuk mengobati bisul dan sakit kepala, daun Nilam yang diremas lalu dioleskan pada tempat yang sakit sangat manjur untuk mengobatinya.

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...