Home / Artikel Kesehatan / Diagnosa Lidah Dengan Tehnik Pengobatan Ayuverda

Diagnosa Lidah Dengan Tehnik Pengobatan Ayuverda

Ayuverda adalah sebuah Tradisi Penyembuhan tertua didunia yang diterjemahkan dari bahasa Sansekerta ke bahasa Inggris sebagai The Science of Life.

Kata Ayurveda berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ayur= hidup, dan veda= pengetahuan, atau secara harafiah berarti pengetahuan tentang kehidupan.

Ayurveda adalah ilmu kesehatan preventif atau pencegahan yaitu menjaga kesehatan agar penyakit tidak mendapat kesempatan untuk menyerang kita. Dan juga tentang kebiasaan hidup yang menyelaraskan antara fisik dan panggilan jiwa. Ayurveda bekerja secara menyeluruh, tidak hanya menghilangkan gejala yang timbul, tetapi juga bekerja mencegah penyakit dan menghilangkan akar penyakit.

Ayurveda menggunakan seluruh sumber kekayaan alam untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan manusia.Menurut Ayurveda, setiap orang memiliki energi kehidupan (Doshas),
yang terdiri dari Vata atau udara, Pitta atau panas, dan Kapha atau air.Penyakit terjadi jika ke-3 elemen ini tidak seimbang. Lingkungan, polusi udara, makanan, minuman, dan faktor genetik dapat menyebabkan ketidakseimbangan doshas.Menjaga keseimbangan doshas ini adalah kunci dari pengobatan Ayurveda.

Tradisi ini diturunkan secara lisan dari guru ke murid selama beberapa generasi, sebelum berubah menjadi sebuah teks. Tehnik Penyembuhan tertua Ayurveda ini mencakup berbagai disiplin ilmu, dari diet untuk herbal untuk beberapa metode berbeda untuk diagnosis dan banyak lagi. Ini benar-benar sangat menarik!

Diagnosa Lidah Tehnik Ayuverda

Ayuverda memiliki sebuah Tehnik Penyembuhan Kuno dengan diagnosa lidah. Diagnosis lidah berasal dari ide bahwa ada bagian luar tubuh (seperti lidah, mata dan kuku) dapat memberi kita peta yang menunjukkan apa yang terjadi di dalam tubuh baik dalam arti fisik dan dalam arti emosional. Diagnosis lidah dapat memberitahu cukup banyak segala sesuatu yang terjadi dengan Anda hanya dengan melihat penampakan lidah saja

Ayurveda memiliki gagasan dasar bahwa setiap orang terdiri dari 5 elemen. Dari lima elemen ini, kita mendapatkan 3 jenis konstitusi atau “doshas” dalam pengobatan Ayurveda. Vata dosha adalah campuran dari Air dan udara, Pita adalah campuran dari Air dan Api,dan Kapha adalah campuran air dan bumi.

Setiap orang memiliki semua tiga komponen, tetapi umumnya satu atau dua dari komponen tersebbut lebih dominan. Kebanyakan orang memiliki perpaduan dua doshas yang dominan.

Jenis dan Karakter Lidah menurut pengobatan Ayuverda

  • Jenis Vata: Cenderung memiliki bentuktipis, panjang, menunjuk lidah. Ketika keluar dari keseimbangan lidah vata bisa menjadi hitam atau coklat.
  • Pita: Lidah pita umumnya cukup basah dan sangat merah. Anda bahkan mungkin melihat benjolan merah di lidah yang menunjukkan iritasi pada lidah pita. Ketika pita tidak seimbang, lidah mereka bisa menjadi merah gelap atau kuning-hijau.
  • Kapha: Lidah kappa memiliki bentuk besar, umumnya datar dan agak pucat. Orang dengan Lidah jenis kappa orang akan memiliki lidah yang stabil. Ketika kappa tidak seimbang lidah mereka bisa lebih pucat.

Gambaran Diagnosa Lidah Tehnik Ayuverda

Ayuverda Sebuah Tehnik Penyembuhan Kuno Dengan Diagnosa Lidah

Beberapa tanda berikut bisa menjadi acuan diagnosa lidah tehnik Ayuverda :

* Busa putih di area yang terkonsentrasi lidah, pada belakang lidah misalnya yang ada di atas, mewakili usus besar. Menunjukkan masalah di organ yang sesuai dengan daerah lidah. Anda dapat merujuk ke gambar untuk melihat di mana setiap organ terletak di lidah.

* Tanda gigi di sisi lidah dapat menunjukkan penyerapan gizi yang buruk.

Sebuah lekukan di ujung lidah dapat menunjukkan masalah dengan jantung. Hal ini dapat menunjukkan adanya masalah fisik dengan jantung atau masalah emosional seperti “patah hati”. Umumnya lekukan menunjukkan masalah emosional, bukan fisik.

* Retak seluruh lidah dapat menunjukkan masalah usus kronis.

* Lapisan putih atau kuning di keseluruhan lidah mengindikasikan menumpuknya racun dalam tubuh.

* Sebuah garis yang mendalam di tengah lidah dapat menunjukkan gangguan emosi, atau masalah tulang belakang.

Jika lidah Anda tampak sangat bersih dan jelas, ini adalah indikasi yang baik bahwa Anda makan sesuai dengan apa yang tubuh Anda benar-benar butuhkan. Jika Anda memiliki lapisan tetap di sepanjang lidah Anda, itu umumnya dipercaya bahwa Anda telah menumpuk racun, dan itu karena Anda makan tidak sesuai dengan yang tubuh butuhkan.

 

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...