Home / Artikel Kesehatan / Efek Stress yang Terjadi Dalam Tubuh Anda Dalam Sebuah Animasi Video

Efek Stress yang Terjadi Dalam Tubuh Anda Dalam Sebuah Animasi Video

Stres adalah respon fisiologis alami dalam badan melawan kondisi situasi yang bertentangan keadaan, atau stres adalah fenomena tidak adanya ketrampilan untuk mengelola tubuh, jiwa dan pikiran kita. Ini tentunya menjadi sudut introspeksi karena seringkali dengan mudah kita menuding kepada pihak tertentu atau peristiwa tertentu sebagai penyebab stres kita, padahal penyebab sebenarnya ada di ketidaktrampilan kita dalam menata diri.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Simonton menunjukkan bahwa stres bukanlah suatu beban yang muncul akibat peristiwa tertentu yang terjadi dalam hidup kita, namun beban yang muncul akibat ketidakmampuan kita untuk menghadapi dan mengelola diri ketika suatu perubahan hidup terjadi

Stress jika berlangsung terlalu lama, dapat meninggalkan efek jangka panjang pada tubuh Anda. Stres dapat mempengaruhi hampir setiap aspek kesehatan Anda – dari sistem saraf Anda untuk kesehatan jantung Anda – dan itu dapat meningkatkan risiko untuk berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, kanker, dan penyakit jantung. Animasi berikut ini  ringkas menerangkan bagaimana semua ini terjadi.

Diriwayatkan oleh TED-Ed, animasi membawa kita melalui beberapa sistem yang dipengaruhi oleh stres. Tubuh kita melepaskan tiga hormon stres yang disebut kortisol, epinefrin (adrenalin), dan norepinefrin yang pada gilirannya memicu perubahan fisiologis. Mereka melakukan perjalanan melalui pembuluh darah ke jantung dan organ lainnya, meningkatkan tekanan darah Anda, yang dapat menyebabkan hipertensi dan kolesterol / penumpukan plak dari waktu ke waktu.

Otak kemudian melepaskan sinyal ke perut Anda, yang dapat mempengaruhi cara Anda makan dan mencerna makanan. Banyak kali, stres dapat menyebabkan kita over-makan makanan padat energi seperti karbohidrat, menyebabkan kenaikan berat badan. Selain yang terkait dengan memperpendek telomere kami, topi pada akhir untai DNA yang menentukan penuaan selular, stres dapat menyebabkan perubahan lebih jelas: sakit kepala, perubahan suasana hati, kelelahan, dan ketidakmampuan untuk fokus.

Itulah mengapa begitu pentingnya untuk menemukan cara untuk menguasai sumber-sumber stres melalui kegiatan sehat seperti meditasi, yoga, dan relaksasi sederhana dan bagi yang muslim adalah sholat . Jangan biarkan risiko kesehatan dari stres Anda keluar bahkan lebih; tahu bahwa Anda dapat menangani semuanya pada waktunya.

. Jadi
Makin kita menghayati fenomena stres, semakin juga kita menyadari bahwa stres bukanlah sekadar fenomena pikiran saja, namun merupakan pengalaman lahir batin (mind-body experience). Dari titik inilah akan terbentuk orangtua yang bahagia, hingga anak pun akan memetik keteladanan untuk berbahagia bagi hidupnya sendiri.at bekerja penuh waktu atau bagaimana kesadaran dan meditasi bisa membantu.

 

 

Check Also

Garam Himalaya Sembuhkan Migrain

Jika Anda pernah mengalami migrain Anda sudah familiar dengan fakta bahwa ini adalah kondisi yang ...

...