Home / Artikel Kesehatan / Hati-Hati! Salah Pilih Kayumanis Untuk Obat Dapat Sebabkan Gangguan Liver

Hati-Hati! Salah Pilih Kayumanis Untuk Obat Dapat Sebabkan Gangguan Liver

Bagi Anda yang biasa memasak di dapur tentunya mengenali bumbu rempah kayumanis. Kayumanis memiliki bau harum yang khas sehingga dapat menambah citarasa dalam masakan. Di beberapa situs kesehatan termasuk Infoherbalis.com telah banyak mengulas tentang khasiat kayumanis bagi kesehatan. Tapi tahukah Anda bahwa kayumanis yang biasa Anda pakai bukanlah kayumanis sebenarnya? Maksudnya?

Begini, yang biasa kita pakai memasak dan banyak dijual di pasar ataupun supermarket itu adalah Cinnamomum cassia atau Cinnamomum aromaticaum dan atau Cinnamomum burmannii. Cassia juga disebut sebagai kayu manis Cina, kayu manis Saigon, kayu manis jawa dan cassia Padang. Jenis kayumanis ini aromanya lebih tajam dan tidak sewangi yang aslinya. Bentuknya tebal dan hanya terdiri dari satu lapis. Warnanya coklat tua kemerahan dan teksturnya keras, lebih susah untuk dipatahkan dan dihancurkan.

Sedangkan yang disebut dengan Kayumanis sesungguhnya adalah Cinnamomum zeylanicum dan Cinnamomum verum atau disebut juga kayumanis Ceylon. Jenis yang asli ini kebanyakanannya ditanam dan diproduksi di Sri Langka. Aromanya lebih harum dan halus serta warnanya coklat muda. Terbuat dari lapisan batang kayu tanaman Cinnamon yang tipis yang digulung rapat kemudian dikeringkan. Karena tipis, mudah dipatahkan dan mudah juga dihancurkan. Jenis yang asli ini harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis cassia.Karena itulah berbagai produk makanan seperti roti dan sereal lebih menggunakan jenis Casia karena harganya yang jauh lebih murah.

Dari sekian perbedaan antara jenis Casia dan Ceylon yang paling mendasar adalah pada kandungan coumarin pada cassia tinggi sekali mencapai 5% sedangkan ceylon hanya memiliki kadar coumarin rendah sekitar 0,4%. Yang menjadi berbahaya adalah Coumarin bersifat racun dan mengencerkan darah, hal ini juga dapat mempengaruhi kerja liver pada seseorang dengan konsumsi tinggi coumarin.

Maka untuk pengobatan disarankan lebih baik menggunakan jenis Cinnamomum zeylanicum atau ceylon karena kadar coumarinnya yang rendah. Sedangkan untuk memasak bisa menggunakan ceylon atau cassia, hanya saja ceylon aromanya lebih ringan dari pada cassia.

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...