Home / Apotik Hidup / Jarak Cina Si Pohon Yodium Sembuhkan Luka Dengan Cepat

Jarak Cina Si Pohon Yodium Sembuhkan Luka Dengan Cepat

Suatu hari teman saya bercerita tangannya habis digigit kucing hingga berdarah, saat itu ada tetangganya yang melihat kejadian itu langsung menyarankan agar luka berdarahnya dibersihkan dan diberi daun pohon Yodium. Pohon Iodium? Saya terheran-heran, masak ada pohon Yodium. Tapi menurut penuturan teman saya itu lukanya langsung kering dan cepat sembuh.Karena penasaran saya meminta dia untuk menunjukkan pohon Yodium itu.  Penampakannya mirip dengan gambar di bawah ini.Jarak Cina Si Pohon Yodium Sembuhkan Luka Dengan Cepat

Rasa penasaran juga yang membuat saya untuk gogling tentang tanaman ini. Dan berikut informasi yang saya dapat tentang tanaman Yodium ini.

Pohon Yodium biasa demikian masyarakat menyebutnya memiliki nama latin Jatropha multifida L kadang juga disebut jarak tintir, atau jarak cina, jarak gurita atau batai. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan merupakan tumbuhan tahunan. Bentuknya Semak dengan akar tunggang, tanaman ini dapat tumbuh hinggi ketinggian 2m.

Apa yang menyebabkan tanaman ini memiliki khasiat sebagai penyembuh luka mungkin karena tanaman Yodium mengandung beberapa zat yang bersifat antibakteri dan penggumpal darah yang artinya berkhasiat sebagai anti pendarahan. Diantara zat berkhasiat itu adalah alpha amirin, kampesterol, 7-alfa-diol , stigmaterol, beta sitosterol, dan HCN, dibatangnya mengandung  alkaloid, saponin , flavonoid, dan tannin.

Bagaimana menggunakan tanaman Yodium sebagai obat? Simak caranya.

Obat bengkak akibat terpukul, terkilir dan patah tulang : Ambil tujuh helai daun segar dan cuci hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus.Tambah dengan sedikit air hingga membentuk adonan dan oleskan pada bagian yang sakit.

Obat Luka berdarah Ambil daun segar atau batang dan oleskan getahnya pada luka baru yang telah dicuci dengan bersih terlebih dahulu.

Obat untuk Mencegah dan mengobati kerusakan gigi Ambil satu butir bijinya, tumbuk sampai halus dan seduh dengan segelas air panas. Gunakan untuk berkumur saat sudah dingin selama 3 hingga 5 menit. Lakukan tiga kali sehari.

 

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...