Home / Apotik Hidup / Ketepeng Cina Obati Panu, Sariawan Hingga Cacingan Pada Anak-anak

Ketepeng Cina Obati Panu, Sariawan Hingga Cacingan Pada Anak-anak

Ketepeng Cina telah turun temurun digunakan sebagai obat tradisional untuk beberapa penyakit. Ketepeng Cina dengan nama latin Casia alata L ini juga banyak digunakan dalam pengobatan ayuverda di India.

Khasiat Ketepeng Cina disebabkan kandungan zat berkhasiat dalam tanaman tersebut, seperti rein, aloe emodina, rein aloe emodina diantron, rein aloe emodina asam krisofanat (dehidroksimethilantroquinone) dan tanin. Disamping zat khas tadi dalam Ketepeng Cina juga terkandungalkaloida, flavonoida, dan atrakinon.

Mudah saja menggunakan tanaman ini untuk mengobati penyakit yang umum diderita oleh masyarakat kita. Misalnya :

Panu

7 Genggam daun ketepeng cina segar direbus kemudian dilumatkan sampai menjadi bubur. Lalu oleskan pada kulit yang terinfeksi jamur panu.

Sembelit/ Susah buang air besar

7 lembar daun ketepeng cina segar direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai hanya tersisa 1 gelas. Dinginkan untuk kemudian diminum sekaligus.

Sariawan

4 lembar daun ketepeng cina segar dicuci kemudian kunyah dengan sejumput garam selama beberapa saat, telan air kunyahan daun dan buang ampasnya.

Cacing Kremi pada anak-anak

7 lembar daun ketepeng cina segar direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai sisa 1 gelas, saring dinginkan lalu diminum pada malam hari.

Ketepeng Cina dapat kita temukan tumbuh liar di tempat-tempat yang teduh dan lembab, seperti di tanah kosong, halaman rumah dan pekarangan. Tanaman ini memiliki banyak nama daerah misalnya :

Melayu: Daun kupang
Sunda: Ki manila
Jawa: Tengah Ketepeng cina
Madura: Acong-acong
Ternate: Kupang-kupang

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...