Home / Apotik Hidup / Khasiat Obat dari Tanaman Bangle Hantu

Khasiat Obat dari Tanaman Bangle Hantu

Bangle Hantu merupakan tanaman semak dari keluarga zingeberacaeae. Tanaman ini tumbuh berumpun-rumpun, berbatang basah dengan tinggi mencapai 200 cm. Rimpangnya berwarna ungu dan berbau kurang sdap. Nama lain tanaman ini antaara alin panglai hideung, bunglai hantu, lampoyang hitam, atau kunyit hitam. Sedangkan nama ilmiahnya adalah Zingiber ottensi.

Perbanyakan tanaman ini dilakukan dengan stek rimpang. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada tempat yang terkena cukup sinar matahari mulai dari dataran rendah hingga ketinggian 1300 m dpl.

Penelitian yang telah dilakukan melaporkan bahwa bangle hantu memiliki aktivitas antibakteri, antioksidan, dan antifungi. Ekstrak bangle hantu dilaporkan memiliki aktivitas anti inflamasi yang sangat kuat. Ekstrak bangle hantu berpotensi sebagai antiobsitas. Bangle hantu atau yang disebut juga kunyit hitam ini memiliki aktivitas hambatan terhadap pertumbuhan sel yang sangat cepat terhadap antipoliferasi ( aktivitas yang menghambat pertumbyhan sel dengan cepat). Secara empiris bangle hantu digunakan untuk mengobati demam, batuk kejang pada anak, menghangatkan dan membersihkan darah, dan sebagai obat sakit pinggang.

Untuk mengatasi batuk biasanya 1/2 rimpang bangle hantu direbus dengan 5 g daunsaga menggunakan air sebanuak 110 ml. Kemudian air rebusan diminum pagi dan sore hari hingga sembuh.

Check Also

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga ...

...