Home / Uncategorized / Khasiat Obat dari Tanaman Belimbing

Khasiat Obat dari Tanaman Belimbing

Belimbing buah yang memiliki citarasa asam manis ini sangat digemari masyarakat Indonesia. Belimbing biasanya dimakan sebagai buah campuran rujak manis atau dijus untuk diminum airnya yang segar. Belimbing dengan nama latin Averhoa Carambola mrupakan pohon kecil yang berbatang keras dengan tinggi 5-12 m ini berasal dari Jawa dan Kalimantan. Tanaman ini menyukai tanah yang asam dan air yang cukup banyak, terlebih lagi bila hidup di tempat teduh, Belimbing termasuk tanaman yang berbuah sepanjang tahun. Buah Belimbing mengandung glikosida, vitamin A, B dan C, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi , pectin, dan niacin. Sifat kimia buah adalah rasa asam, manis, dan netral.

Perbanyakan tanaman ini dilakukan dengan biji dan cara dicangkok. Perawatan tanaman Belimbing dengan pengendalian gulma dan hama, pemupukan dan penyiraman secara berkala.

Berikut adalah resep racikan obat berkhasiat menggunakan Tanaman Belimbing:

1. Darah Tinggi

Makan Buah Belimbing yang sudah masak sekitar 2-3 buah dua kali sehari.

2. Mengobati Panu

2 buah Belimbing ditumbuk halus, lalu oleskan pada kulit yang berpanu, sambiul digosok-gosok. Lakukan 2-3 kali sehari.

3. Mengobati Radang Lambung

6 g daun Belimbing Manis, 8 g rimpang kunyit, 7 g rimpang temu kunci, dan 110 ml air, lalu  rebus sebentar. Diminum sehari sekali. Hati-hati bagi penderita Ginjal.

4. Pertolongan Pertama pada Penderita Cacar

Tumbuk daun belimbing hingga halus lalu ambil airnya untuk dibubuhkan pada kulit penderita cacar untuk menghilangkan gatal-gatalnya. Jangan menggosok kulit yang terkena cacar.

5. Obat Penyakit Gondong

Potong buah b eilimbing menjadi beberapa bagian, kemudian tumbuk hingga halus, hasil tumbukkan tadi dikompreskan pada kelenjar gondong penderita. Biarkan selama 30 menit dan ulangi setidaknya 2 kali sehari. Lebih baik lagi jika yang digunakan adalah Belimbing Wuluh.

6. Menenangkan perut setelah muntah karena mabuk perjalanan.

Minum perasan buah belimbing manis yang sudah direbus dengan 1/3 bagian gula pasir hingga menjadi sirup yang kental.

7. Pengobatan jerawat

Untuk mengobati jerawat, 5 buah belimbing segar, cuci bersih. Blender Buah belimbing tambahkan sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan pagi dan sore hari. Atau siapkan 5 buah belimbing dan 1/5 sendok teh bubuk belerang, ditumbuk halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. basuhkan pada bagian yang berjerawat dan bagian wajah yang berminyak. Lakukan 2-3 kali sehari.

8. Mengobati Rematik

Ambil Segenggam daun belimbing dicuci, tumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih, gosokan kebagiyan yang sakit. 100 gr daun muda belimbing, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan cuka secukupnya sampai adonan seperti bubur. Tempelkan adonan bubur pada bagian yang sakit. Lakukan dengan 2-3 kali sehari.

 

 

 

Check Also

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas!

Paling seru kalo ketemu para sahabat yang udah lamaa banget gak ketemu ya guys, bisa ...

...