Home / Apotik Hidup / Khasiat Tanaman Obat Anting-Anting

Khasiat Tanaman Obat Anting-Anting

Satu lagi tanaman obat yang tumbuh subur di Indonesia, perkenalkan tanaman dengan nama Anting-anting atau disebut dalam bahasa ilmiahnya Acalypha australis. Tanamn Anting-Anting merupakan tanaman semak yang memiliki batang tegak, berambut halus, dan bewarna hijau, panjangnya 3-4 cm dan lebarnya 2-3 cm. Daun tunggal dengan ujung runcing dan tepi bergerigi. Bunga Anting-Anting merupakan bunga  majemuk berbentuk bulir yang keluar dari ketiak daun dan ujung cabang. Buah anting-anting berbentuk bulat dan berwarna hitam sedangkan biji Anting-anting bentuknya bulat panjang berwarna coklat.

Tanaman Anting-anting keseluruhan bagian tanamannya dapat digunakan baik dalam keadaan segar maupun kering sebagai obat. Tanaman yang telah berusia 2-3 bulan biasanya memiliki zat aktif yang maksimal. Tanaman Anting-antin memiliki aktivitas antibakteri dan efektif menghambat pertumbuhan bakteri Escheria coli, Basillus subtilis dan Staphylococcus aureus. Peneletian lain menyebutkan bahwa ekstrak anting-anting dapat menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus, S. epidermidis, B. cereus. Anting secara empiris digunakan untuk mengobati disentri, diare, batuk, dermatitis, dan diabetes.

Cara menggunakan Anting-Anting sebagai obat :

Disentri dan Diare: 30-60 gram tanamn anting-anting kering direbus dan air rebusannya diminum 2 kali sehari selama 5-10 hari.

Dermatitis : Tanaman anting-anting segar direbus kemudian air rebusannya digunakan untuk obat cuci pada kulit yang sakit.

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...