Home / Artikel Kesehatan / Kolesterol Kawan Atau Lawan? Buka Pikiran Anda!

Kolesterol Kawan Atau Lawan? Buka Pikiran Anda!

Kolesterol selama ini dianggap sebagai musuh yang menakutkan bagi kesehatan kita bahkan dituding sebagai biang keladi dari penyakit jantung dan pembuluh darah. Dalam 30 tahun terakhir, kita mulai percaya bahwa “angka” kolesterol harus jatuh dalam rentang tertentu, semacam satu ukuran yang ditentukan  cocok untuk semua keadaan yang sesungguhnya bahkan tidak berbasis ilmu pengetahuan menurut para ahli di lapangan. Mereka yang mengidap “penyakit kolesterol” diberitahu untuk menghilangkan lemak jenuh yang sehat dari diet mereka seperti telur, mentega dan produk susu. Akibatnya, mereka makan lebih banyak gula, biji-bijian dan makanan lainnya yang lebih banyak diproses (produk olahan), akibatnya  mereka mengalami kelebihan berat badan. Ahli bedah jantung yang terkenal, Dr Dwight Lundell, telah mengakui bahwa dokter telah salah persepsi terhadap kolesterol dan telah mengatakan tentang hal ini: “Tanpa inflamasi /peradangan yang hadir dalam pembuluh darah, tidak ada cara lain yang memicu kolesterol akan menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.” Tanpa inflamasi, secara alami kolesterol akan bergerak bebas di seluruh pembuluh darah. Peradangan atau inflamasi lah yang menyebabkan kolesterol menjadi terjebak.

Kolesterol adalah substansi lembut, zat lilin yang ditemukan tidak hanya dalam aliran darah, tetapi juga di setiap sel dalam tubuh kita. Sebenarnya sekitar kurang lebih 80%  kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh liver, sedangkan sisanya disumbangkan dari makanan yang kita makan seperti, daging dan telur. Jadi walaupun kita menghindari telur, daging dan teman-temannya, tetap saja tubuh secara alami memproduksi kolesterol.

Setelah dibentuk di hati, kolesterol akan diangkut ke seluruh tubuh yang membutuhkannya. Diangkut oleh 4 jenis protein pengangkut :

High Density Lipoprotein (HDL)
Low Density Lipoprotein (LDL)
Intermediate Density Lipoprotein (IDL )
Very Low Density Lipoprotein (VLDL)

Banyak sekali fungsi cholesterol yang masih dalam penelitian, yang pasti ada 5 macam :

1. Bahan baku dinding sel.

Setiap hari ribuan sel di tubuh kita mati dan dibuat kembali. Dinding sel dibuat dari 2 lapis. Lapisan terluar dan terdalam terbuat dari lemak  jenis posfat (posfolipid), ditengah-tengahnya dibuat dari lemak jenis omega 3 (DHA & EPA) dan kolesterol. Tanpa kolesterol tidak mungkin dinding sel kita dibuat kembali.

2. Bahan dasar zat hormon ditubuh manusia.

Tanpa zat hormon manusia akan mati. Sebagai contoh : hormon Kortisol (yang mengatur gula darah dan stres), hormon Testoteron (yang atur fungsi reproduksi/sex lelaki), hormon Estradiol dan Progesteron (atur fungsi reproduksi/sex wanita), hormone Aldosteron (atur tekanan darah dan mineral), hormon Calsitrol (pengatur kadar kalsium), dll.

3. Bagian dari otak dan serat syaraf.

Otak manusia dan hewan berisi kolesterol sebanyak 30%. Penelitian ilmiah terakhir membuktikan agar sel-sel syaraf berfungsi optimal terutama dalam proses perbaikan, perkembangan dan fungsi ingatan  membutuhkan kolesterol sebagai bahan bakunya. Serat syaraf di badan, tangan dan kaki 20%nya terbuat dari kolesterol. Tidak percaya? Coba simak : Smith-Lemli-Opitz sindrom adalah kelainan cacat genetik dimana tubuh tidak dapat membuat kolesterol. Akibatnya bayi dengan cacat genetik tersebut akan lahir mati ataupun abortus (lahir mati sebelum waktunya) karena otak dan jaringan syarafnya tidak sempurna terbentuk.

4. Bahan baku cairan empedu

Cairan empedu berfungsi untuk menghancurkan lemak yang kita makan menjadi pecahan-pecahan kecil lemak yang disebut asam lemaksehingga dapat diserap oleh usus dan dipakai sebagai sumber tenaga bagi manusia dan hewan.

Ingat : lemak adalah sumber tenaga, bukan karbohidrat (yang selama ini diyakini). 1 gram lemak menghasilkan tenaga sebesar 9 kcal, sedangkan karbohidrat hanya 4 kcal.

5. Melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat penyakit.

Baik penyakibat infeksi maupun penyakit metabolik (kencing manis dan darah tinggi). Penelitian ilmiah terbaru menunjukkan bahwa orang yang kadar kolesterol totalnya dibawah 170 angka kejadian untuk mendapatkan serangan jantung meningkat tajam.

Wajar jika kita sedang menderita penyakit infeksi yang sifatnya akut maupun menahun (gigi, ginjal, tenggorokan, sendi, dll) tubuh akan meningkatkan produksi kolesterolnya untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang ditimbulkan oleh penyakit.

Kolesterol tidak berperan dalam peyumbatan pembuluh darah. Diantara alat pengangkut kolesterol yang mudah rusak adalah LDL. (LDL mudah rusak bukan berarti LDL adalah kolesterol buruk seperti yang selama ini dikatakan). Rusak oleh siapa? Oleh Radikal Bebas, diubah menjadi Oksikolesterol. Oksikolesterol ini bersifat seperti radikal bebas yang akan merusak lapisan dalam pembuluh darah sebagai awal proses pembentukan plak (kerak) aterosklerosis.

Tubuh kita menyediakan pertahanan pertama dalam menghadapi oksi-kolesterol yaitu, protein HDL. Kolesterol sebagai anti-oksidan? Ya, HDL kolesterol akan mengambil Oksikolesterol dan diangkut kembali ke pabriknya yaitu liver (hati) untuk dirombak kembali.

Sumber radikal bebas dari makanan : Transfat (lemak buatan) yang terdapat pada SEMUA makanan PROSES industri (termasuk makanan fast-food/ junk-food, margarine), minyak tumbuhan hasil proses pabrik, gula pasir; termasuk pemanis buatan yang terdapat pada minuman ringan, permen, vitamin farmasi/ obat yang rasanya manis dan  masih sangat panjang daftarnya!

Sumber radikal bebas dari tubuh kita adalah stres yang berkepanjangan dan hasil metabolisme normal.

Jadi masih menuduh kolesterol adalah makhluk jahat ?

Anti Oksidan

Untuk menangkal radikal bebas yang kita butuhkan adalah Anti Oksidan. Tubuh manusiapun mampu membuat antioksidan, contohnya : vitamin D3, HDL kolesterol, Alpha Lipoic Acid dan Glutathion (terdapat didalam mitokondria sel  ”dapurnya” sel tubuh manusia ).

Tapi jika tubuh sedang ”stres-oksidatif” (kadar radikal bebas lebih banyak dari kadar antioksidan produksi tubuh), kita sangat membutuhkan antioksidan dari luar. Terbanyak adalah dari sumber tumbuhan, misal teh hijau, buah dan sayuran MENTAH  karena proses memasak akan menghancurkan antioksidan  dan vitamin/mineral sampai 90%).

Teh hijau

Barang yang satu ini benar-benar unik sehingga banyak peneliti gizi menjuluki sebagai ”Asian Paradox”. Kekuatan antioksidan teh hijau 100 kali lebih kuat dari vitamin C, 40 kali lebih dari vitamin E dan 20 kali lebih kuat dari vitamin A. Ada 3 macam antioksidan utama didalam teh hijau : Catechin, Epicatechin dan Epigallocatechin Gallate (EGCG). EGCG adalah antioksidan sangat kuat.

Bagaimana dengan teh hitam? Teh hitam tidak memiliki kadar antioksidan sebaik teh hijau, karena proses pembuatan teh hitam menghancurkan kandungan antioksidannya. Wajar jika teh hijau sudah digunakan sejak ribuan tahun silam di Asia baik sebagai penjaga kesehatan maupun dalam pengobatan.

Laboratorium

Hampir sebagian besar laboratorium (termasuk dokter) masih berpatokan bahwa angka tertinggi kolesterol total adalah 200. Tidak tepat!! Yang tepat adalah sesuai dengan usia . Kenapa? Karena setiap orang kebutuhan kolesterol berbeda-beda terutama berkaitan dengan umur. Semakin tua kita semakin butuh kolesterol yang banyak. Dibawah ini adalah patokan yang tepat berdasarkan umur. Kolesterol Kawan Atau Lawan? Buka Pikiran Anda!

Yang sangat penting (dan sering tidak diperiksa) adalah Lp (a) atau Lipoprotein a. Lp (a) adalah molekul mutasi dari LDL (Low Density Liprotein), besar molekulnya antara LDL dengan HDL.

Lp (a) merupakan molekul produk badan kita akibat penyakit infeksi (terutama infeksi gigi kronis) dan serangan radikal bebas. Tingginya Lp (a) menunjukkan tingkat kerusakan pembuluh darah yang parah sehingga sering dipakai sebagai indikasi serangan jantung dan stroke penyumbatan.

Jadi kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan oleh hewan dan manusia agar dapat berfungsi optimal. Yang perlu diperhatikan adalah  stop radikal bebas dan perbanyak antioksidan dalam bentuk buahan/sayuran mentah maupun suplementasi.

Yang perlu diperhatikan adalah 2 indikator utama kesehatan yakni, Trigliserida dan Gula Darah. Mereka sering terabaikan dan merekalah biang kerok penyakit kronis di badan kita.

Ratio Trigliserida/HDL merupakan penanda seberapa banyak peradangan tersamar terjadi didalam badan kita.

Kolesterol Kawan Atau Lawan? Buka Pikiran Anda!
MAFIA FARMASI

Kolesterol Kawan Atau Lawan? Buka Pikiran Anda!Kita tentu akan bertanya dari mana awal kebohongan bahwa kolesterol menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Simak baik-baik!

20 tahun lalu sebuah pabrik farmasi (Merck) meneliti suatu zat yang disebut simvastatin untuk mencari jenis antibiotika baru. Ketika zat tersebut dicobakan ke binatang percobaan (tikus, kelinci dan monyet) efek antibiotikanya tidak sebaik yang diharapkan. Tetapi mereka mendapatkan bahwa kolesterol binatang percobaan tersebut turun drastis. Biaya penelitian mencapai jutaan dollar, modal minimal harus kembali syukur-syukur kalau bisa untung. Caranya? Beri informasi palsu ke masyarakat ilmiah dan awam bahwa kolesterol berbahaya!

Mulai era dis-informasi dimulai melalui media massa, simposium ilmiah (yang mereka sponsori tentunya), melalui dokter (yang dikontrak pastinya) yang semuanya satu bahasa (tentunya) kolesterol berbahaya/ penyebab sumbatan pembuluh darah.

Ini gila! Ya karena ini adalah bisnis. Pertahun pabrik- pabrik farmasi untuk penjualan obat anti kolesterol di seluruh dunia meraup keuntungan sebesar 15-20 milyar dollar!

Sekarang pertanyakan kepada diri anda :

1. Jika benar kolesterol penyebab sumbatan pembuluh darah, buat apa Tuhan menciptakan liver (hati) yang mampu buat kolesterol?

2. Jika benar kolesterol penyebab darah tinggi, stroke dan penyakit jantung, kenapa kita masih ada di muka bumi?. Bukankah nenek moyang kita mengkonsumsi daging, telur, jeroan, dll ?

Saat seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi ,alih-alih terjebak dalam konsumsi obat anti kolesterol secara berkepanjangan maka yang paling bijaksana adalah mencari penyebabnya. Apakah kita sedang sakit, stress ,atau tubuh sedang memproduksi banyak hormone, atau pola makan kita yang tidak sehat.

Jadi menurut Anda Kolesterol kawan atau lawan?

 

Diolah dari berbagai sumber.

Check Also

Sembuhkan Asam Urat Dan Mengurangi Nyeri Sendi Dengan Resep Jus Terbaik!

Hari ini, kita akan mengungkapkan resep jus alami yang sangat efektif yang akan mengobati nyeri ...

...