Home / Artikel Kesehatan / Latihan Penting Pasca Cedera Pergelangan Kaki

Latihan Penting Pasca Cedera Pergelangan Kaki

Bagi orang yang menyukai aktivitas olahraga tentu tidak akan jauh dari gerakan berjalan cepat, berlari, dan melompat yang dapat membebani pergelangan kaki. Tak jarang dalam kegiatan ini seseorang dapat mengalami cedera engkel atau pergelangan kaki. Bahkan mereka yang tidak melakukan kegiatan olahraga pun dapat mengalaminya, bisa saj terkilir pergelangan kaki saat menuruni anak tangga atau kaki terperosok ke dalam lubang di jalan. Apa yang biasanya terjadi adalah mereka akan memberikan pertolongan dengan mengistirahatkan kakinya dan mendatangi dokter. Dan ketika dokter menyuruh melakukan rehabilitasi, mereka hanya melakukannya satu atau dua hari saja, hingga pergelangan kaki terasa sedikit lebih baik, untuk kemudian kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala dan  tidak melanjutkan rehabilitasi mereka.

Apa yang harus dilakukan saat cedera engkel atau pergelangan kaki?

1. Mengistirahat kaki yang cedera

Istirahatkan kaki yang cedera dari berbagai pergerakan yang tidak penting atau berlebih merupakan langkah awalnya, terutama dari gerakan-gerakan menjadikan kaki penahan atau penopang.

2. Kompres dengan Es

Kompres bagian yang cedera dengan es, hal ini dilakukan untuk mengurangi bengkak. Lakukan pengkompresan selama 20 menit tiap jam, selama bagian yang cedera masih terlihat bengkak.

3. Berikan tekanan pada cedera engkel  kaki

Bebat engkel yang cedera berguna untuk meminimalisir terjadinya pergerakan pada engkel. Bebat dengan rapat namun tidak erat. Jika karena bebat malah bertambah bengkak maka segera kendurkan/renggangkan.

4. Elevasi

Letakkan kaki yang cedera dengan posisi di atas letak jantung selama 48 jam pertama, Anda bisa meletakkan beberapa buah bantal kecil di bawahnya. Ha ini dilakukan untuk meminimalisir bengkak dan memar pada bagian yang cedera (engkel).

Latihan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas engkel atau pergelangan kaki

Saat beranjak tua, pergelangan kaki yang tidak pulih sempurna dari cedera akan menimbulkan ketidaknyamanan kronis dan kekakuan pada pergelangan kaki. hal ini dapat diatasi (hampir dihilangkan) dengan mengikuti jadwal rutin latihan pergelangan kaki untuk penguatan. Tidak hanya mengembalikan kekuatan dan keseimbangan engkel kaki, tapi memperbaiki fleksibilitasnya.

Inti dari latihan  ini adalah untuk penguatan sendi pergelangan kaki dan bukan hanya untuk pemulihan cedera. Membuat latihan rutin di bawah sebagai bagian dari jadwal rutin setiap hari. Anda mungkin bisa melakukannya di pagihari sambil menonton berita atau mungkin setiap malam sebelum tidur, atau bahkan mungkin keduanya!

Intinya adalah untuk selalu memastikan pergelangan kaki berada dalam posisi terkuat dan yang paling seimbang,dan juga paling fleksibel. Melakukan latihan ini akan mencegah sebagian besar masalah yang disebabkan oleh cedera engkel atau pergelangan kaki.

 

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...