Home / Artikel Kesehatan / Makan Herbal Kunyit Sama Dengan Mendapatkan Manfaat 1 Jam Berolahraga

Makan Herbal Kunyit Sama Dengan Mendapatkan Manfaat 1 Jam Berolahraga

Kunyit adalah rempah-rempah yang tentu sudah sangat akrab utamanya  bagi ibu-ibu di dapur karena merupakan bahan utama dalam banyak jenis masakan. Kunyit memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak. Manfaat konsumsi kunyit secara medis sudah dikenal baik. Sebagai salah satu antibiotik alami, dapat membantu penyembuhan luka dan infeksi. Menjaga dari penyakit Alzheimer, dan bahkan memerangi beberapa jenis kanker.

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa kita dapat menambahkan manfaat lain ke daftar panjang dari kunyit. Yaitu, Kunyit dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung layaknya latihan fisik!

Curcumin, senyawa yang ditemukan dalam kunyit yang baru-baru ini mendapatkan banyak perhatian dan dijelaskan dalam jurnal penelitian ilmiah karena efek pentingnya dalam menanggulangi masalah kesehatan manusia, mulai dari kanker hingga diabetes dan masalah kesehatan jantung. Kunyit adalah salah satu dari 14 makanan yang melindungi tubuh terhadap perkembangan sel  kanker.

Sementara pengobatan Ayurveda di India telah lama banyak menyebutkan manfaat kesehatan dari kunyit. Ilmu pengetahuan modern akhirnya mengejar apa yang Ayurveda katakan selama ribuan tahun.

PENTING! Penelitian telah mengungkapkan bahwa kunyit memiliki daya serap yang rendah dalam tubuh Anda kecuali Anda memadukannya dengan makanan tertentu. Kami memiliki bahasan lebih lanjut tentang hal itu di akhir artikel ini, jadi pastikan Anda membaca bagian tersebut.

Kunyit Memiliki Manfaat kardiovaskular yang Besar

Sebuah studi yang diterbitkan di Nutrition Research1 telah mencapai kesimpulan yang mencengangkan. Konsumsi kunyit atau suplemen kunyit sama efektif dengan olahraga kebugaran untuk kesehatan jantung, seperti 1 jam latihan  aerobik, jogging atau jalan cepat.

Efek ini terutama penting pada wanita dalam masa menopause, atau untuk siapapun yang mengutamakan kesehatan jantung.

Rincian studi

Selama 8 minggu studi yang melibatkan 32 wanita postmenopause yang ditugaskan menjadi 3 kelompok yaitu :

Mereka yang  non-perawatan (Sebagai Kontrol)
Mereka yang Berolahraga
Mereka yang Mengkonsumsi Curcumin atau Kunyit

Subyek dalam kelompok pengonsumsi kurkumin menerima 150 mg ekstrak kunyit per hari, selama 8 minggu, memasok 25 mg kurkumin. Diet dan kebiasaan olahraga mereka tidak berubah selama periode penelitian.

Subjek dalam kelompok Berolahraga menjalani latihan aerobik pelatihan lebih dari 3 hari per minggu (2-3 sesi diawasi dan pelatihan berbasis rumah tambahan).

Selama program latihan 8 minggu melibatkan kegiatan bersepeda dan berjalan kaki, mereka terlibat dalam antara sesi 30-60 menit lamanya, mulai dari intensitas 60% dari ditentukan secara individual, denyut jantung maksimal mereka dalam tahap awal untuk 70-75 denyut jantung maksimal prosentase dari di sesi kedua.

Hasil penelitian

Sel-sel endotel yang melapisi permukaan interior dari pembuluh darah dari peserta studi diamati, dan peneliti mencatat bahwa fungsi sel-sel ini menunjukkan perbaikan penting setelah dua bulan di kedua kurkumin dan latihan kelompok, dibandingkan dengan kontrol.

Disfungsi sel endotel merupakan faktor utama untuk pengembangan aterosklerosis (timbunan lemak dalam pembuluh darah, mirip dengan pipa tersumbat), sehingga apa pun yang dapat mencegah sel-sel endotel menjadi disfungsional juga dapat membantu menangkal penyakit jantung.

Para peneliti menyimpulkan: “Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi rutin kurkumin atau latihan olahraga aerobik yang teratur secara signifikan meningkatkan fungsi endotel. Besarnya peningkatan fungsi endotel pada tingkat yang sama, menunjukkan curcumin dapat mencegah penurunan  fungsi endotel pada wanita pascamenopause. “‘

Berapa Banyak yang Harus Dikonsumsi Untuk kesehatan jantung?

Peserta penelitian menunjukkan perbaikan dalam fungsi kardiovaskular setelah hanya dalam delapan minggu mengambil 150 miligram ekstrak kunyit harian, yang dibuat untuk total 25 miligram kurkumin per dosis. Perlu diperhatikan bahwa peserta penelitian menerima ekstrak kunyit yang mengandung dosis tinggi kurkumin.

Isi kurkumin dalam kunyit bubuk biasanya tidak terlalu tinggi, sekitar 2%, sehingga Anda akan memerlukan sekitar satu sendok teh kunyit untuk menikmati manfaat kesehatan yang sama, atau Anda dapat membeli kapsul ekstrak kunyit.

Kapsul kunyit dapat ditemukan secara online atau di toko makanan kesehatan /herbal

Cara Mengkonsumsi kunyit untuk Penyerapan Lebih Baik

Sementara kunyit adalah senyawa yang kuat dan efektif untuk mengobati berbagai penyakit, penelitian telah mengungkapkan bahwa kunyit memiliki daya serap yang rendah dan metabolisme yang cepat yang mengarah ke bioavailabilitas yang relatif rendah dalam tubuh.

Anda perlu mengkombinasikan konsumsi kunyit dengan konsumsi makanan lain untuk memastikan tubuh Anda akan menyerapnya dengan baik.

Check Also

Tinggalkan Cara Lama Anda Menggosok Gigi, Gunakan Cara Ini Untuk Putihkan Gigi Anda!

Senyum dengan gigi putih cemerlang adalah dambaan banyak orang. Namun tak jarang pemasalahan gigi kuning ...

...