Home / Artikel Kesehatan / Makanan Alami Pembersih Usus

Makanan Alami Pembersih Usus

Benarkah kita perlu tahu tentang makanan (herbal) yang bisa membersihkan usus?  Dan Apakah benar bahwa usus membutuhkan pembersihan?

Ini sebenarnya soal yang masih menjadi perdebatan. Kesehatan konvensional tampaknya berpendapat bahwa pembersihan usus tidak perlu. Di sisi lain, orang-orang yang tertarik pada gaya hidup dengan kesehatan holistik, dan mereka yang mengejar kesehatan alami lebih berpendapat bahwa terapi pembersihan usus sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Apapun pendapat Anda, sepertinya bukan hal merugikan untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat membersihkan pencernaan khususnya Usus.

Serat

Pola makan tinggi serat sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap dalam keadaan baik dan stabil .Serat ini juga membantu untuk menahan kelembaban dalam usus besar, yang pada gilirannya membantu untuk melembutkan setiap makanan, membuat mereka lebih mudah untuk dicerna. Serat juga diyakini memiliki kemampuan untuk bekerja seperti kuas dalam membersihkan setiap sisa-sisa makanan dari usus Anda.

Serat ada dalam dua bentuk,  larut dan tidak larut. Serat tidak larut besar manfaatnya untuk mencegah dan menyingkirkan sembelit. Sedangkan serat larut membantu untuk meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan. Hal ini pada gilirannya membantu untuk meminimalkan bakteri berbahaya, seperti E. coli dan Salmonella.

Beberapa sumber terbaik serat (baik larut dan tidak larut) adalah Biji rami dan Oats. Oats dapat disajikan sebagai sereal sarapan dibuat menjadi bubur, sementara biji rami dapat ditaburkan di atas bubur, atau yoghurt, buah segar atau salad.

Apel

Sebagian besar produk pembersihan usus yang dapat dibeli di toko makanan kesehatan, atau toko yang menjual obat herbal, mengandung beberapa sari apel dalam bentuk ekstrak ataupun Apple Cider Vinegar. Alasannya adalah bahwa Apple adalah makanan pembersih yang sangat baik. Apel juga mengandung pektin yang merupakan senyawa karbohidrat yang bertindak sebagai agen penebalan di usus , membantu untuk membawa makanan melalui sistem pencernaan.

Seledri

Seledri juga sudah sangat umum diakui sebagai salah satu makanan terbaik untuk membersihkan usus. Seperti halnya buah apel, kandungan seratnya yang tinggi dan mudah dibawa sebagai camilan, di mana saja kapan saja. Fakta lain yang penting tentang Seledri adalah salah satu dari beberapa makanan kalori negatif. Dengan kata lain, sistem pencernaan menggunakan lebih banyak kalori untuk memproses Seledri daripada kalori yang terdapat dalam Seledri sendiri. Ini bagus untuk dimasukkan sebagai bagian dari menu diet kalori terkontrol. Tindakan mengunyah Seledri membantu perut Anda untuk merasa kenyang,

Alpukat

Alpukat makanan alami lain yang dianggap oleh banyak ahli secara alami dapat membersihkan usus.  Selain kaya serat, (baik larut dan tidak larut), Alpukat juga merupakan sumber protein dan lemak minyak esensial, yang semuanya ketika ditambahkan bersama-sama meningkatkan proses pencernaan.

Kandungan serat dalam Alpukat juga membantu meningkatkan penyerapan air dalam usus dan menambah efek gel, yang membantu untuk membawa produk-produk limbah melalui saluran pencernaan yang akan dikeluarkan, sehingga membantu proses kesembuhan orang yang menderita sembelit.

Yogurt

Yoghurt Murni adalah probiotik alami, yang tidak seperti kebanyakan yogurt lainnya yang sudah melalui pasteurisasi. Proses pasteurisasi dirancang untuk membunuh bakteri. Masalahnya adalah bahwa pasteurisasi tidak bisa membedakan antara bakteri yang baik dan bakteri buruk, karena itu proses ini  bertanggung jawab untuk membunuh kandungan bakteri menguntungkan dari yoghurt.

Yoghurt murni sangat mudah untuk dicerna, dan merupakan pengobatan alami  untuk gangguan pencernaan dan mulas. Bakteri baik dalam yoghurt murni akan mendukung bakteri baik dalam usus. Sehingga pantaslah  Yoghurt dikatakan sebagai  “pemelihara dan pembersih Usus”.

Colon Cleanse Makanan # 6 – Kekuatan Aloe Vera (lidah buaya)
Aloe Vera adalah salah satu hadiah yang paling menguntungkan dari Alam. Aloe vera Ini memiliki banyak kegunaan, baik makanan dan obat, dan sebagai salah satu makanan untuk membersihkan usus Anda.

Salah satu manfaat universal diakui untuk lidah buaya ini adalah kemampuannya untuk membantu membersihkan racun dari usus besar dan saluran pencernaan. Hal ini diyakini oleh banyak orang, yang jika dibiarkan di usus besar, residu racun ini dapat menyebabkan kelelahan, kekurangan energi, dan sering sakit kepala. Selain itu, Aloe Vera juga dipercaya untuk bertindak sebagai dorongan efektif untuk sistem kekebalan tubuh, dan juga berpengaruh dalam membantu mencegah kanker usus besar.

Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu herbal ajaib . Ia berisi hampir 80 senyawa sulfur yang berbeda yang dapat mempromosikan penyembuhan dan melawan infeksi. Hal ini juga mengandung zat yang disebut Allicin, dan ini membuat bawang putih dapat dijadikan alternatif antibiotik alami. Dalam Perang Dunia I bawang putih dipakai dimasukkan ke luka yang terinfeksi pada tentara yang cidera.

Bawang putih juga memiliki kemampuan untuk membunuh cacing usus, parasit dan virus yang hidup dalam usus. Selain itu, bawang putih dikatakan mampu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Hal ini juga dikaitkan sebagai kemampuannya membantu mencegah timbulnya beberapa jenis kanker, termasuk perut dan kanker usus besar. Jika semua itu tidak cukup, ia juga memainkan peran penting dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Entah penting atau tidak mengenai pembersihan usus ini, tetap saja Anda akan mendapatkan manfaat yang besar jika menambahkan makanan tersebut di atas dalam menu harian Anda.

Let’s Go Back To Nature!

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...