Home / Apotik Hidup / Manfaat Jambu Bol Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Jambu Bol Sebagai Obat Tradisional

Jambu bol adalah pohon buah kerabat jambu-jambuan. Buah jambu ini memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. Sementara nama ilmiahnya adalah Syzygium malaccense (yang berarti: ‘berasal dari Malaka’) menunjuk pada salah satu wilayah asal-usulnya.

Nama lain dari buah jambu bol yaitu jambu jambak (Minangkabau), jambu bool (Sunda), nyambu bol (Bali), jambu bolo (Makassar.), jambu bolu (Bugis.), jambu darsana, dersana, tersana (Jawa serta Madura), kupa maaimu (Sulut), nutune, lutune, lutu kau, rutuul (Maluku). Terkadang orang menyebut buah ini, dengan nama jambu Jamaika. Tetapi nama jambu Jamaika, tampaknya asing di telinga kita. Namun bila jambu bol, maka orang di seantero negeri ini sudah tahu, sebab memang buah ini merupakan jambu lokal indonesia.

Secara umum jambu Bol ini mengandung sejumlah komponen senyawa yang sama seperti jambu air pada umumnya yakni vitamin C, vitamin A, air, thiamin, riboflavin, serat, karbohidrat, kalsium, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh kerena itu, secara umum manfaat yang diperoleh jika kita mengkonsumsi jambu jamaika atau jambu bol ini kurang lebih sama dengan manfaat jambu air lainnya.

Dari segi manfaat, batang pohon jambu bol dapat digunakan sebagai obat sariawan, dengan hanya merebus batangnya dan meminum airnya. Sedangkan air rebusan dari kulit muda batang jambu bol, ditambah sedikit gula agar tidak pekat, dapat dijadikan obat unuk menambah nafsu makan bayi. Buahnya yang ranum dapat dimakan begitu saja tanpa harus diolah, karena buahnya sudah sangat manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Air seduhan kulit kayu pohon jambu bol dapat meredakan sariawan, sedangkan bubuk dari daun keringnya bisa mengatasi luka di lidah. Akarnya digunakan untuk mengobati gatal-gatal. Juga bersifat diuretik dan dapat mengatasi bengkak, meredakan disentri, peluruh haid dan bersifat abortif (penggugur).

Air seduhan daun, buah, dan bijinya dipakai untuk mengatasi demam. Jus daun mudanya digunakan sebagai pelembab kulit.

Seluruh bagian pohon jambu digunakan untuk mengobati sembelit, diabetes, batuk, sakit kepala, dan radang selaput lendir pada saluran napas. Biji, kulit kayu, dan daunnya menunjukkan aktivitas antibiotika dan memiliki efek terhadap tekanan darah dan pernapasan.

Jus daun jambu di Samoa digunakan untuk mengobati infeksi mulut. Ekstrak kulit kayunya digunakan untuk infeksi tenggorokan, sakit perut, daan gangguan lain pada pencernaan.

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...