Home / Apotik Hidup / Manfaat Jeruk Purut Untuk Atasi Kelelahan, Flu dan Perawatan Kecantikan

Manfaat Jeruk Purut Untuk Atasi Kelelahan, Flu dan Perawatan Kecantikan

Berulangkali kami ajak Anda bersyukur pada Yang Maha Pencipta, karena telah menciptakan negeri kita yang subur. Rasanya hampir semua tanaman dapat tumbuh di negeri ini. Kekayaan hayati yang begitu besar ini sayang jjika disia-siakan, karena tidak ada yang diciptakan oleh Allah sia-sia tak berguna.

Jeruk purut, tanaman ini sudah sangat familiar di kehidupan masyarakat Indonesia. Entah digunakan sebagai bumbu masakan, jamu ataupun untuk keperluan kosmetika. Jeruk purut dengan nama latin Citrus hystrix juga dikenal sebagai limau purut. Jeruk purut ini tumbuh tersebar di negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Di Indonesia sentra budidaya jeruk purut ada di Jawa Timur tepatnya di kabupaten Tulungagung.

Jeruk Purut memiliki kandungan senyawa kimia diantaranya adalah vitamin E, kumarin, benzenoid, alkaloid qunolina yang berpotensi berkhasiat sebagai antiosidan, anti virus HIV dan antibakteri. Selain itu senyawa lain adalah citrusosida yang berpotensi mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer dan gliseroglikolipid yang berkhasiat antitumor.

KHASIAT JERUK PURUT

Secara tradisional jeruk purut digunakan untuk mengobati pilek, asma, dan rileksasi otot yang tegang karena kelelahan atau mengurangi pembengkakan otot dan sendi. Selain itu, khasiatnya khusus bagi perempuan adalah sebagai perawatan kulit pasca melahirkan dan gangguan menstruasi. Di bebrapa daerah di Indonesia seperti Minahasa Jeruk purut merupakan bagian dari Bakera, yaitu mandi berendam dengan air hangat sebagai bagian perawatan wanita pasca melahirkan.

Berdasarkan penelitian kandungn vitamin E atau furanokumarin pada jeruk purut dapat menghambat aktifitas cholinesterase sehingga berpotensi mencegah penyakit degeneratif  seperti Alzheimer.

Selain itu kandungan gliseroglikolipid nya berpotensi sebagai antitumor.

Penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa jeruk purut dapat berpotensi sebagai penjaga fungsi jantung dan hati.

Memanfaatkan Jeruk Purut untuk pengobatan :

  1. Flu
    2 buah jeruk purut diperas airnya campurkan dengan ½ gelas air hangat, bisa ditambahkan madu lalu minum sekaligus.
  2. Ketombe
    Bahan
    Air jeruk purut 100 cc
    Air nanas 200 cc
    Santan kelapa 100 cc
    Campurkan bahan menjadi satu, masukkan dalam wadah tertutup dan gunakan sebagai shampoo 3-4 kali seminggu
  3. Kelelahan
    2 genggam daun jeruk purut yang segar, kemudian rebus dengan menggunakan air 3 liter sampai mendidih, biarkan kira-kira-kira 10 menit. Lalu tuangkan ramuan tersebut kedalam satu ember air hangat lalu gunakan untuk mandi.
  4. Batuk
    Jeruk purut yang segar dan masak 1-2 buah, kemudian peras airnya, tambahkan 1 sendok madu untuk memberi rasa lebih baik, jika tak ada bisa diganti dengan gula aren secukupnya. lalu minum setiap pagi dan sore hingga sembuh.
  5. Kulit bersisik atau terkelupas
    Siapkan jeruk purut lalu potong menjadi 2-4 bagian, setelah itu bersihkan dulu kulit yang sakit lalu potongan jeruk purut itu digosokan pada kulit yang yang bersisik atau terkelupa

Check Also

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga ...

...