Home / Apotik Hidup / Manfaat Kesumba Keling Tak Hanya Sebagai Pewarna Alami Juga Berkhasiat Obat

Manfaat Kesumba Keling Tak Hanya Sebagai Pewarna Alami Juga Berkhasiat Obat

Kesumba Keling atau Bixa Orellana sudah demikian terkenal di dunia. Terutama fungsinya sebagai penghasil warna alami untuk kosmetika dan produk industri lainnya. Konon Kesumba keling merupakan bahan baku warna alami paling penting no 2 di dunia setelah karamel. Buah kesumba, yang sekilas bentuknya mirip rambutan ini, dapat diolah menjadi pewarna alami dalam bentuk serbuk (anato) yang termasuk jenis karotenoid alami.

Kandungan kimiawi yang terdapat pada batang dan daun adalah Tanin, kalsium oksalat, saponin, lemak.Sedangkan pada Daun, akar dan biji mengandung Zat warna, bixine, orelline, glucoside, zat samak, damar, dan pigmen norbixin.

Menggunakan Kesumba Keling Sebagai Obat

DEMAM

Obat minum : Cuci bersih `kira-kira 10 gr daun kesumba keling lalu rebus dalam 600 ml air sampai air tersisa setengahnya (300ml). Dinginkan lalu saring kemudian tambahkan gula seperlunya. Minum air rebusan 2 kali sehari.

Kompres kepala : Remas-remas daun kesumba keling dengan sedikit air, gunakan airnya untuk membasahi kepala dapat juga digunakan sebagai kompres.

DIARE

Cuci bersih 10 gram daun kesumba keling kemudian rebus dalam 400 ml air, didihkan hingga sisa 250ml airnya. Dinginkan, saring tambahkan sedikit madu, dan diminum 2 kali sehari.

KURANG NAFSU MAKAN

Cuci bersih 10 gram daun kesumba keling kemudian rebus dalam 400 ml air, didihkan hingga sisa 250ml airnya. Dinginkan, saring, minum dengan tambahan madu secukupnya.

MASUK ANGIN, BERI-BERI,PENDARAHAN, dan PERUT KEMBUNG

Cuci bersih 3-10 gram daun kesumba keling, rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas,saring lalu minum 2-3 kali sehari.

 

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...