Home / Apotik Hidup / Manfaat Sehat Tanaman Akar Tunjuk Langit

Manfaat Sehat Tanaman Akar Tunjuk Langit

Tanaman dengan nama latin Helminthostachys zeylanica ini merupakan golongan tanaman paku asli Asia dan Australia. AKar tunjuk langit tumbuh di daerah tropis dengan bentuk berupa terna kecil dengan tinggi mencapai 1/2 meter. Rimpang tanaman ini dipakai masyarakat Indonesia dan China sejak lama sebagai obat.

Akar Tunjuk Langit tumbuh di hutan-hutan tropis terutama di negara kita. Saat ini tanaman ditemukan hanya pada hutan yang dilindungi.

Tanaman Akar Tunjuk Langit mengandung senyawa Ugonin G,H,J,K dan L yang memiliki aktivitas antioksidan sehingga baik untuk mencegah terjadinya penuaan. Bagian akar merupakan bagian paling banyak mengandung senyawa antioksidan. Bunga dan daun tanaman ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Selain tiu mengobati mimisan.

Untuk mengobati mimisan daun Akar Tunjuk Langit dikeringkan dan diasapkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk antibakteri dan anti penuaan dini.

Khasiat lain dari Akar Tunjuk Langit adalah mengobati diare,demam, batuk kering, sifilis, melancarkan peredaran darah, dan tonikum. Caranya dengan merebus bagian rimpang Akar Tunjuk Langit lalu diminum.Sedangkan untuk perawatan wajah dengan cara melumatkan daunnya lalu dioleskan ke kulit wajah.

 

 

 

 

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...