Home / Apotik Hidup / Manfaat Tanaman Jakang Untuk Pengobatan

Manfaat Tanaman Jakang Untuk Pengobatan

Jakang merupakan tumbuhan yang memiliki nama latin Muehlenbeckia platyclada berasal dari Indonesia. Tumbuhan famili polygonaceae di Indonesia sering disebut sebagai puring jakang atau kismis. Tumbuhan Jakang sering ditemui ditanam sebagai tanaman pagar dan tumbuh baik pada ketinggian 5-1.200 m dpl. Jakan g merupaka tanaman perdu tegak denga tinggi 0,6-2 meter. Batang utamanya berkayu dengan bentuk bulet silindris dan bercabang banyak. Cabang mudanya berbentuk pipih, bergaris halus dan berwarna hijau tua. Daunnya berbentuk lanset  dengan pangkal dan ujungnya runcing dan tepi rata. Daun memiliki panjang 4-20 mm dan lebar 2-10 mm dengan warna hijau muda dan keluar dari cabang muda, Jakang memiliki bunga jantan dan betina dengan warna mahkota kuning cokelat dan memiliki buah bentuk segitiga.

Jakang memiliki rasa manis dan asam seluruh bagian tanaman jakang  (tangkai dan daun) dapat digunakan baik dalan keadaan segar maupun kering.

Penelitian yang telah dilakukan melaporkan bahwa Jakang memiliki aktivitas sebagai antiinflamasi/ antiradang. Secara empiris jkang digunakan utnuk mengobati abses, paru-paru, sakit tenggorokkan, batuk akibat paru-paru, memar, bisul, koreng dan mengobati gigitan binatang berbisa.

Berikut pengobatan menggunakan Jakang yang umum digunakan :

MEMAR

Sebanyak 60 gr Jakang dicampur dengan 1 sloki arak beras,. Air perasan diminum dan mapasnya dibubuhkan pada luka memar.

MENGOBATI GIGITAN BINATANG BERBISA

Haluskan ranting Jakang lalu bubuhkan di atas luka bekas gigitan binatang tadi.

 

 

 

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...