Home / Apotik Hidup / Mawar yang Cantik Kaya Manfaat Sehat

Mawar yang Cantik Kaya Manfaat Sehat

Mawar, tanaman berbunga dengan bunga yang cantik ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Karena keindahan dan baunya yang harum Mawar kadang dijadikan pilihan nama pada anak perempuan. Tak hanya itu mawar juga dijadikan simbol cinta dan kasih sayang, lihat saja saat perayaan hari valentine bunga mawar ramai menghias toko-toko souvenir bahkan hingga supermarket.Mawar juga digemari sebagai bunga hias, entah hanya diletakkan di vas bunga, atau ditanam di halaman rumah.

Sebenarnya,mawar bukannlah tanaman tropis,tanaman ini membutuhkan udara sejuk untuk tumbuh dan berkembang.Bunga mawar yang seringkali kita jumpai umumnya berwarna merah atau putih. Tetapi sebenarnya bunga mawar mempunyai banyak warna seperti merah muda, hijau, peach, biru,dll. Untuk mawar biru merupakan mawar hasil rekayasa genetika para ilmuwan karena alam sendiri tidak menghasilkan pigmen biru alami di dalam bunga mawar. Faktanya ada sekitar 100-150 spesies mawar tersebar di bumi ini. Hanya sebagian kecil yang tumbuh di Asia Tenggara, yaitu yang berdaun hijau sepanjang tahun. Kebanyakan mawar tumbuh di bumi bagian utara dimana suhu lebih sejuk dari negara-negara tropis.

Mawar banyak mengandung vitamin C, B, E, K, tannin,geraniol, nerol, sitronelol, asam geranik, terpene, flavonoid, pectin, polifenol, karotenoid, vanillin, stearopten, farnesol, phenyletanol, eugenol, nonilaldehida, dan feniletilalkohol.

Dipastikan tidak ada unsur yang berbahaya pada tanaman ini, maka mawar cukup aman untuk dikonsumsi. Di Thailand, bunga mawar sering di olah menjadi bagian dari menu makanan andalan di beberapa restoran. Untuk menambah keharuman minuman, daun kelopak bunga mawar yang sudah dikeringkan dicampur dengan teh dan diseduh air panas akan menciptakan kenikmatan saat minum teh. Teh bunga mawar dipercaya dapat menolong memerangi stres dan kecemasan yang beresiko pada masalah tidur oleh karena itu bunga mawar tidak hanya dijadikan bahan pembuat teh juga dipakai juga sebagai bahan minyak aroma terapi.

Khasiat Mawar

* Mengobati Jerawat (acne vulgaris)

Bunga mawar/ros secukupnya dikeringkan dengan cara diangin-anginkan lalu dihaluskan hingga bubuk. Bubuk tersebut dicampurkan dengan sedikit air lalu dioleskan ke wajah yang berjerawat.

* Mengobati gigitan serangga

1 kuntum bunga ros, 10 kuntum bunga melati (Jasminum sambac [L.] Ait.), 2 kuntum bunga kenanga (Canangium odoratum Bail.), dicuci bersih lalu digiling hingga halus, tambahkan 1 sendok teh minyak kelapa (Cocos nucifera L.), diaduk hingga rata lalu ditempelkan pada bekas sengatan dan dibalut.

* Mengobati Bengkak

Bunga mawar dan daun sembung di rebus sampai tersisa air kurang lebih 300cc, setelah itu di minum setiap hari, dua kali sehari secara teratur.

* Mengobati Haid tidak teratur (irreguler menstruation)

15-21 gram bunga ros segar, diseduh dengan air panas secukupnya, diminum beberapa kali sehari.

* (Mengobati Keputihan (leucorrhoea)

– 9-15 gram akar bunga ros direbus dengan air secukupnya lalu disaring dan diminum airnya.

– 6 gram bunga ros kering, 15 gram kulit buah delima kering (Punica granatum L.) direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, diminum airnya setelah disaring.

* Mengobati Nyeri haid (dysmenorrhoea)

– 5 kuntum bunga ros, 15 gram temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.), direbus dengan air secukupnya, diminum airnya setelah disaring.

– 5 gram bunga ros kering, 5 gram teh hijau (Camellia sinensiss [L.] Kuntze.), tambahkan madu secukupnya lalu direbus dengan 300 cc air sampai mendidih, diamkan selama 3 menit, diminum setelah makan.

– 15 gram bunga ros kering, 10 gram lempuyang (Zingiber aromaticum Val.), 10 gram temu lawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.), 10 gram kunyit ( Curcuma domestika Val.), direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring kemudian diminum dua kali sehari secara teratur.

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...