Home / Apotik Hidup / Mengobati Penyakit Dengan Kelapa yang Serbaguna

Mengobati Penyakit Dengan Kelapa yang Serbaguna

Pohon kelapa dengan nama latin Cocos nucifera banyak tumbuh diarea pantai ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan curah hujan 1300-2300 mm/ tahun atau bahkan lebih, daerah dengan ketinggian 600 m diatas permukaan air laut, serta daerah dengan intensitas sinar matahari yang cukup.Kelapa adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam suku pinang-pinangan (arecaceae). Semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan, mulai dari bunga, batang, pelepah, daun, buah, bahkan akarnya pun dapat dimanfaatkan. Batang pohon kelapa merupakan batang tunggal, tetapi terkadang dapat bercabang. Tinggi pohon kelapa dapat mencapai lebih dari 30 cm. Daun kelapa tersusun secara majemuk, menyirip sejajar tunggal, berwarna kekuningan jika masih muda dan berwarna hijau tua jika sudah tua.

Asam lemak yang terkandung dalam daging buah kelapa mengandung 90% asam lemak jenuh dan 10% asam lemak tak jenuh. Meskipun tergolong minyak jenuh, minyak kelapa dikategorikan sebagai minyak berantai karbon sedang (medium chain fatty acids, MCFA). Keunggulan asam lemak rantai sedang dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang yaitu asam lemak rantai sedang lebih mudah dicerna dan diserap. Asam lemak rantai sedang saat dikonsumsi dapat langsung dicerna di dalam usus tanpa proses hidrolisis dan enzimatis, langsung dipasok ke aliran darah dan diangkut ke hati untuk dimetabolisir menjadi energi.

Minyak yang memiliki asam lemak rantai panjang harus diproses dulu di pencernaan sebelum diserap dinding usus melalui beberapa proses panjang untuk sampai ke hati. Keunggulan lain dari asam lemak rantai sedang yaitu di dalam tubuh tidak diubah menjadi lemak atau kolestrol serta tidak mempengaruhi kolesterol darah. Asam lemak rantai sedang, khususnya asam laurat, mempunyai kemampuan yang spesifik sebagai antivirus, antifungi, antiprotozoa, dan antibakteri.

AIR KELAPA

Air kelapa muda memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Air buah nyiur ini ternyata punya khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.

Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Oleh karena itu wajar jika setelah minum kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar.

Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Di samping itu, secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07- 0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian ini, maka air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan.

Menggunakan tanaman kelapa sebagai obat tradisional

– Keracunan

Minum air kelapa hijau

-Panas Dalam

Minum air kelapa yang sudah dicampur dengan kuning telur ayam kampung mentah.

– Demam

Minum campuran satu gelas air kelapa dengan 1 sdm madu.

– Demam berdarah

Minum campuran air kelapa dengan air perasan 1 buah jeruk nipis, diminum 2 kali sehari.

– Kencing batu

Minum air kelapa yang dicampur dengan 1 butir telur ayam kampung mentah dan diminum 2 kali sehari.

– Nyeri Haid

Minum air kelapa yang dicampur dengan gula aren. Lakuka 2 kali sehari.

– Flu

Parutan 1/4 butir kelapa tambahkan parutan 1 rimpang kencur. Tambahkan 1 gelas air, masak sampai mendidih, lalu peras, minum air perasannya satu kali sehari.

– Cacingan

Parutan 1/4 kelapa tua dicampur dengan parutan 1 buah wortel, lalu tambahkan air 1 gelas, saring untuk kemudian diminum sebelum tidur malam.

– Sakit Gigi

Batok kelapa dibakar sehingga menghasilkan minyak, gunakan minyaknya untuk mengobati gigi yang sakit.

– Uban Parutan kelapa tua yang dicamput dengan air kelapa sedikit garam, lalu peras. Santan yang dihasilkan digunakan untuk creambath rambut.

– Ketombe

1/2 buah kelapa yang diparut dan dicampur dengan parutan 1/4 buah nenas, 1 butir jeruk nipis dan 1,5 gelas air kelapa, semua bahan dicampur lalu disaring, gunakan airnya untuk keramas.

 

 

 

Check Also

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga ...

...