Home / Artikel Kesehatan / Obat Rumahan Untuk Atasi Timbilan

Obat Rumahan Untuk Atasi Timbilan

Jika Anda pernah mengalami sakit mata timbilan, timbil, tembel atau bintit sebenarnya adalah peradangan kelenjar di dasar bulu mata Anda. Ini bukan kondisi yang serius, namun bisa sangat menyakitkan, mengganggu dan membuat rasa percaya diri berkurang. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri.

Timbil biasanya muncul di eksternal mata, tampak merah dan meradang, dan lembut ketika disentuh. Ini biasanya terletak di tepi mata. Peradangan ini dapat juga tiba-tiba menghilang setiap saat, namun juga muncul begitu saja di kelopak mata. Timbil yang biasanya ditemukan jauh dari tepi kelopak mata dapat memakan waktu lebih lama sembuh dibandingkan dengan yang timbil yang muncul di eksternal.

Menekan, menggosok timbilan tidak dianjurkan.
Gunakan antibiotik tetes untuk mencegah konjungtivitis atau kontaminasi langsung.
Jangan memakai riasan mata, karena hanya akan memperburuk kondisinya.
Jagalah mata yang terkena timbil agar tetap bersih untuk mencegah infeksi.
Anda dapat meringankan timbil yang menghalang kelenjar dengan kompres hangat.

Resep Tradisional obati Timbilan

Telur ayam: Tempelkan sebutir telur ayam rebus hangat langsung pada tembel selama lima menit.

Bawang hijau: Potong bawang memanjang, mulai dari tempat daun tumbuh. Oleskan pada daerah yang terkena timbil.

Teh Marigold: Tambahkan satu sendok makan kelopak marigold dalam satu liter air. Saring cairan, rendam beberapa kasa dan menerapkan itdirectly pada mata yang terkena sampai mendingin.

Daun mint: Hancurkan beberapa daun mint dan oleskan langsung ke tembel tersebut. Biarkan selama sekitar lima menit, sebelum membilasnya dengan air hangat.

Mencegah sakit mata

Menggosok mata adalah kebiasaan kita terutama ketika mereka merah atau meradang. Anak-anak cenderung untuk menggosok mata mereka ketika mereka lelah. Ini adalah kebiasaan sangat buruk yang dapat mengakibatkan munculnya bintit dalam banyak kasus.

Hindari menyentuh mata untuk menghindari segala bentuk kontaminasi atau infeksi. Pastikan tangan Anda bersih setiap saat.

Cara lain untuk menghindari sakit mata adalah dengan mengkonsumsi vitamin A. Hal ini meningkatkan pertahanan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A sering hilang selama proses memasak, jadi hati-hati ketika mempersiapkan makanan yang mengandung vitamin A, seperti telur, wortel, tomat, labu, bayam, selada.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...