Home / Artikel Kesehatan / Obati Cacar Air dengan Cara Alami

Obati Cacar Air dengan Cara Alami

Cacar air adalah sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus. Adapun virus penyebab cacar air ini dinamakan Varicella Zoster. Cacar air biasanya menyerang anak-anak berusia 3-5 tahunan. Gejala awal, penderita cacar air biasanya ditandai dengan badan yang sedikit demam, lemah, lesu, dan disertai pilek. Sementara itu, pada kasus yang serius biasanya ditandai dengan nyeri sendi, dan pusing-pusing. Setelah beberapa hari, maka muncul bercak-bercak kemerahan yang menjadi lepuh pada kulit berukuran kecil hingga besar, biasanya ditemukan pertama kali di sekitar perut, punggung, dan dada. Hingga akhirnya menyebar di sekitar wajah. Biasanya penderita akan mengalami cacar air hingga 2-3 minggu. Penyakit ini terbilang cukup lama penyembuhannya. Karena penyakit ini menular, penderita biasanya diharuskan melalui masa karantina di rumah sekitar seminggu.

Mengobati dengan cara alami sepertinya lebih menguntungkan, karena penyakit ini disebabkan oleh virus, sehingga peningkatan daya tahan tubuh pasien adalah cara terbaik untuk mengobatinya.

1. Wortel dan Daun Ketumbar

Semangkuk sup yang terbuat dari wortel dan daun ketumbar sangat bermanfaat dalam pengobatan cacar. Hal ini karena kedua bahan tersebut kaya antioksidan yang membantu dalam proses penyembuhan.

Sup untuk penyembuhan cacar air: Potong-potong 100 gram wortel segar, potong 60 gram atau satu setengah cangkir daun ketumbar segar. Dengan api sedang rebus dalam 2 1/4 gelas air sampai tersisa setengahnya.Minum sup ini sekali sehari. Anda juga bisa makan wortel rebus dan daun ketumbar untuk menambah stamina.

2. Havermut/ Oatmeal

Mandi oatmeal adalah obat rumahan yang  populer untuk gatal-gatal yang disebabkan oleh cacar.Giling dua cangkir oatmeal menjadi bubuk halus.Masukkan oatmeal bubuk dalam dua liter (satu-setengah galon) air hangat suam-suam kuku. Berendam lah  dalam air mandi selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas untuk meredakan gatal-gatal akibat cacar air.

3. Madu

Madu yang dioleskan pada kulit akan mengatasi gatal dan membantu menyembuhkan lecet yang disebabkan oleh cacar air. Gunakan madu murni untuk mengoles bagian tubuh yang kena cacar air. Ulangi proses 2-3 kali sehari sampai bekas luka hilang. Minum madu juga dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus cacar air.

4. Baking Soda

Baking soda mengurangi efek gatal dan iritasi yang disebabkan karena cacar air. Hal ini dianggap sebagai salah satu obat alami terbaik dalam mengobati cacar air. Campur setengah sendok baking soda dengan air. Kemudian dengan menggunakan spons kita dapat menerapkan larutan ini pada kulit tubuh pasien yang lecet dan ruam. Biarkan mengering pada tubuh pasien. Ini dapat  membantu pasien untuk mengurangi keinginan menggaruk dan juga menghindari lepuhan meletus.

5. Air Kacang Hijau

Air kacang hijau juga bisa membantu menghilangkan masalah cacar air. Rebus kacang hijau hingga mekar dan saring airnya. Gunakan air kacang hijau untuk membasuh kulit pasien cacar air. Jenis perawatan ini dapat membantu mengurangi rasa gatal dan lecet. Pengolahan air kacang hijau menyegarkan tubuh dan membantu untuk mengurangi ruam pasien. Air kacang hijau dapat diminum untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien.

 

sumber: http://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-for-chickenpox.html

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...