Home / Artikel Kesehatan / Perawatan Alami Terbaik Untuk Dapatkan Rambut Indah Di Rumah

Perawatan Alami Terbaik Untuk Dapatkan Rambut Indah Di Rumah

Memiliki rambut indah, tumbuh lebat berkilau adalah idaman setiap wanita. Tidak hanya wanita, para pria pun mendambakan rambut yang sehat dan subur demi mendukung penampilan mereka. Anda tidak perlu mengeluarkan budget mahal untuk perawatan rambut anda. Karena sebenarnya , bahan-bahan alami yang ada disekitar rumah yang sering kita jumpai ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan rambut kita.

Untuk semua tipe rambut

“Telur mentah adalah yang terbaik di dunia”  demikian kata kata Janice Cox, penulis Natural Beauty at Home. Kuning telur kaya akan lemak dan protein, secara alami dapat berfungsi sebagai moisturizer/pelembab, sedangkan putih telur mampu menghilangkan minyak yang berlebih pada rambut maupun kulit rambut.

Jika rambut anda termasuk rambut kering dan rapuh maka gunakan bagian kuning telurnya. Sedangkan putih telur digunakan pada rambut berminyak. Kocoklah 1-2 butir telur dalam mangkuk ( kuningnya saja, atau putihnya saja, atau bahkan keduanya, sesuai dengan tipe rambut ) lalu aplikasikan keseluruh kulit kepala hingga ujung rambut yang dalam keadaan basah. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin dan keramas dengan shampoo seperti biasa. Untuk pengobatan lakukan 2 minggu sekali,sedangkan untuk perawatan lakukan 1 bulan sekali.

Untuk rambut kusam

Produk-produk penataan rambut, cat rambut, debu dan polusi yang menumpuk di rambut, dapat merusak kelembaban rambut,sehingga membuat rambut tampak kusam. Agar rambut anda kembali bersinar gunakan Plain yoghurt. Menurut  Lisa Belkin, penulis The Cosmetic Cookbook  “Asam laktat yang terkandung didalamnya dapat mengikis kotoran yang tidak mampu dibersihkan oleh shampoo,sedangkan lemak susunya dapat melembabkan kulit kepala dan rambut.”

Oleskan plain yoghurt ke kulit kepala dan rambut dalam keadaan basah, pijat dengan lembut biarkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

Untuk kulit kepala gatal dan berketombe

Untuk menghilangkan ketombe yang diakibatkan pola makan yang salah, stress,dan cuaca yang panas dan lembab, atau faktor lainnya, cobalah campuran Jus Lemon dan Minyak Zaitun. “Keasaman dalam jus lemon membantu membersihkan kulit kepala Anda , sementara minyak zaitun melembabkan  kulit kepala Anda,” kata Janice Cox.
Campur 2 sdm jus lemon segar, 2 sdm minyak zaitun dan 2 sdm air, dan pijat ke kulit kepala yang  lembab. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dan keramas dengan shampo. Perawatan dapat diterapkan setiap minggu.

Untuk rambut kering dan rusak

Bagaimanapun rusak dan keringnya rambut anda maka Madu adalah yang terbaik. Madu adalah humectants alami yang mampu mengunci kelembaban rambut anda. Kandungan vitamin dan mineral pada madu dengan cepat mampu mengembalikan kerusakan pada rambut anda.

Oleskan madu pada rambut dan kulit kepala yang basah, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.  Anda juga dapat menambahkan 1 sampai 2 sendok makan minyak zaitun untuk mengencerkan madu agar lebih mudah dioleskan.  Untuk rambut yang sangat rusak karena sinar matahari, cobalah mencampur madu dengani alpukat atau kuning telur, yang akan membantu mengembalikan keratin yang rusak oleh sinar ultra violet . Perawatan dapat diterapkan sebulan sekali.

Untuk rambut berminyak

Tepung Jagung ? ya tepung jagung. “ jika digunakan dengan benar maka tepung jagung adalah cara termudah untuk mengurangi minyak dan lemak yang berlebih pada kulit kepala dan rambut.” Demikian kata Lisa Belkin.

Taburkan 1 sendok makan tepung jagung atau maizena  ke rambut kering dan kulit kepala. Setelah 10 menit, sisir dengan menggunakan sikat rambut .

Jika perawatan menggunakan bahan-bahan alami ini dilakukan secara teratur maka tidak diragukan lagi, niscaya rambut sehat dan indah akan segera anda miliki.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...