Home / Artikel Kesehatan / Perhatikan! Gatal Di Anus Tidak Selalu Karena Cacingan

Perhatikan! Gatal Di Anus Tidak Selalu Karena Cacingan

Anus yang terasa gatal bisa terjadi pada siapapun. Karena terasa memalukan, keluhan ini jarang disampaikan dan penderitanya memilih menyimpannya sendiri, walaupun sebenarnya kadang rasa gatal di anus ini sangat menyiksa. Jangan buru-buru menyimpulkan bahwa rasa gatal ini karena ada cacing iseng menari di sana, karena rasa gatal di daerah anus tidak melulu disebabkan oleh parasit cacing.

Gatal di anus dapat disebabkan beberapa faktor diantaranya :

1. Faktor penyakit fisik

– Iritasi kulit : Gesekan dan kelembaban dapat mengiritasi kulit sensitif di daerah anus. Iritasi ini kadang-kadang menyebabkan gatal-gatal di dubur. Parfum, pewarna dan agen pelunakan dalam produk seperti sabun dan kertas toilet juga dapat memicu iritasi dan gatal-gatal pada anus.

– Masalah pencernaan : Diare yang sering terjadi dapat menyebabkan iritasi lalu disusul dengan anus gatal. BAB tak terkendali sehingga lama kontak dengan anus karena tidak segera dibersihkan juga dapat menyebabkan hal ini.

– Wasir : Wasir atau ambeien merupakan salah satu penyebab gatal pada anus karena sering mengejan saat buang air besar dan gesekkan anus dengan feses yang mengeras.

– Infeksi : Infeksi menular seksual seperti keputihan pada wanita juga dapat menyebabkan anus gatal. Pada anak-anak, parasit seperti cacing kremi sering menyebabkan gatal-gatal di anus yang persisten. Orang dewasa yang tinggal dalam satu rumah juga dapat tertular infeksi cacing. Infeksi jamur juga dapat menyebabkan gatal-gatal di daerah anus.

– Penyakit kulit : Terkadang dubur atau anus terasa gatal sebagai akibat dari penyakit kulit tertentu, seperti psoriasis atau dermatitis kontak.

2. Faktor Mental

Terkadang karena ketakutan, depresi, mental down atau gugup dapat menimbulkan gejala yang tak terduga pada bagian tubuh tertentu termasuk  menyebabkan gatal pada anus.

3. Alergi

Beberapa orang yang memiliki alergi bawaan terhadap seafood atau kuning telur mungkin bereaksi gatal di bagian – bagian tertentu termasuk dubur atau anus. Cabai, wasabi, atau rempah – rempah lainnya mungkin juga dapat menyebabkan gatal di anus juga.

Lalu bagaimana megatasinya?

Sebagian besar anus atau dubur yang  gatal tidak memerlukan perawatan medis. Periksalah ke dokter apabila anus terasa gatal yang parah atau berlangsung lebih dari dari 1-2 bulan juga apabila terdapat perdarahan dari anus baik seketika ataupun setelah BAB (Buang Air Besar Berdarah), gatal pada anus ini dapat juga terkait dengan gejala penyakit medis lainnya.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk menaggulangi anus atau dubur yang gatal.

1. Gunakan Krim atau salep hidrokortison, oleskan tipis pada daerah yang gatal untuk mengurangi peradangan dan  rasa gatal.

2. Gunakan Salep pelindung yang mengandung seng oksida (Desitin, Balmex).

3. Gunakan Antihistimin. Jika gejala memburuk pada malam hari, dokter mungkin meresepkan antihistamin untuk mengurangi rasa gatal agar bisa cepat tidur. Selain sebagai obat gatal anus, antihistamin juga bisa digunakan untuk mengatasi gatal yang disebabkan oleh masalah lainnya.

4. Obat anti-parasit. Yaitu obat cacing yang untuk mengobati infeksi cacing kremi. Jika cacing kremi penyebabnya.

Perlu diperhatikan!

1. Menggaruk anus atau dubur  hanya akan meperparah keadaan, tidak sedikit orang yang memeriksakan duburnya akibat luka yang lumayan dalam akibat menggaruk.

2. Perhatikan makanan yang Anda makan, hindari makanan yang memiliki rasa tajam seperti cabai, teh pekat atau kopi juga bir. Dan perhatikan juga bahan pakaian dalam yang Anda gunakan, gunakanlah pakaian dalam dengan bahan yang baik lembut dan menyerap keringat.

3.  Jaga kebersihan dubur atau anus terutama bagi anak kecil dan orang tua, seringlah membersihkan dengan lembut bagian tersebut dan selalu ingat untuk menukar pakaian dalam setiap hari.

4. Perbanyak aktifitas gerak daripada duduk agar terhindar dari pengap yang mendatangkan bakteri di daerah dubur.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...