Home / Artikel Kesehatan / PERINGATAN: Hati Hati Mengkonsumsi Jahe ,Hindari Jika Anda Termasuk Dalam Golongan Ini

PERINGATAN: Hati Hati Mengkonsumsi Jahe ,Hindari Jika Anda Termasuk Dalam Golongan Ini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Terlepas dari manfaat kesehatan yang mengagumkan, jahe ternyata dapat menjadi ancaman kesehatan yang serius bila dikombinasikan dengan antikoagulan, beta-blocker, dan obat-obatan berbasis insulin.

Sifat obat jahe sangat bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit termasuk:

menghilangkan rasa sakit rematik, yaitu mengurangi otot dan tulang nyeri,
meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
mengurangi gejala mual, migrain, dan batuk,
mengurangi masalah pencernaan seperti diare, kram, bersendawa, sembelit, dan wasir
meningkatkan sirkulasi dan mencegah pembentukan bekuan darah),
menurunkan gula darah dan kolesterol,
mencegah pertumbuhan sel kanker,
membuang racun dari tubuh, dll ..

PERINGATAN Harap Hati-hati ketika menggunakan herbal jahe sebagai obat ! Berikut ini adalah penjelasannya mengapa.

Karena sifat antiseptik, jahe telah lama digunakan untuk pengobatan berbagai masalah kesehatan. Hal ini menyebabkan Jahe  umumnya dianggap sebagai obat alami universal karena manfaat kesehatan dapat menyembuhkan berbagai kondisi.

Namun, pengobatan jahe tidak dianjurkan untuk semua orang. Jika Anda termasuk salah satu dari kelompok-kelompok ini, Anda harus menghindari jahe semampunya kita:

Wanita hamil

Jahe akan memberi stimulan rangsangan diperut yang kuat sehingga dapat memicu persalinan prematur. Bagi para Wanita hamil harus menghindari konsumsi jahe  apalagi yang usia kehamilannya pada trimester terakhir

Orang yang ingin menambah berat badan

Jahe dikenal sangat bermanfaat bagi mereka yang mencoba untuk proqram  menurunkan berat badan karena jahe membuat Anda kenyang lebih lama dan melancarkan  pembakaran lemak. Jika Anda ingin menambah berat badan, jahe hanya bisa memberikan efek kebalikannya, sehingga Anda lebih baik menghindarinya.

Orang dengan kelainan darah

Jahe meningkatkan sirkulasi, yang umumnya menguntungkan, kecuali bagi mereka yang menderita kelainan darah seperti hemofilia.

Orang-orang yang pada tekanan darah dan obat diabetes

Kesimpulannya Herbal Jahe dapat berinteraksi dengan obat obatan tertentu, terutama antikoagulan, beta-blocker dan obat insulin. Jadi, jika Anda berada dalam terapi  obat untuk tekanan darah tinggi atau diabetes, Anda harus tinggalkan keinginan  dari tanaman ini karena ada risiko serius yang akan menghambat efek obat Anda.
Sumber: FitBodyCenter

 

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...