Home / Berita / Rekor Dunia! Hampir 12.000 Batu Empedu Dikeluarkan Dari Tubuh Wanita India Ini

Rekor Dunia! Hampir 12.000 Batu Empedu Dikeluarkan Dari Tubuh Wanita India Ini

Seperti yang dirilis Dailymail.co.uk, Sungguh malang nasib seorang wanita paruh baya bernama Minati Mondal (51 th). Ia telah dirawat di Rumah Sakit Debdoot Sevayan di Kolkata, Bengal Barat, dua pekan lalu setelah menderita sakit perut parah dan refluks asam lambung yang menyiksanya selama 2 bulan terakhir. Hasil scan yang dilakukan pihak RS menunjukkan terdapat banyak butiran kecil kolesterol dan garam yang mengisi kandung empedu wanita malang ini.

Dalam operasi laparaskopi yang berlangsung satu jam, dokter yang mengoperasinya dibuat terkejut dengan jumlah batu empedu yang dikeluarkan dari kantung empedu Minati Mondal. Dr Makhan Lala Saha, seorang  gastrointestinal endosurgeon di RS tersebut mengatakan, sebenarnya ia sudah mengantisipasi sejumlah besar batu empedu yang akan dikeluarkan, namun ia sungguh tak menduga ternyata batu empedu yang berhasil dikeluarkan melebihi angka 5.000. Setidaknya hampir 12.000 butir batu empedu berhasil dikeluarkan dari kandung empedu wanita ini.

11.950 butir batu empedu yang dikeluarkan dari tubuh Minati Mondal
11.950 butir batu empedu yang dikeluarkan dari tubuh Minati Mondal

Dr. Saha mengatakan, “Saya heran melihat jumlah batu yang besar yang kami keluarkan dari kandung empedu pasien ini. Saya tidak pernah berpikir kandung empedu bisa berisi begitu banyak batu.”

Dr. Saha masih menjelaskan, ” Butuh empat jam untuk asisten saya menghitung jumlah batu yang besarnya antara 2mm dan 5mm. Kami butuh 50 menit untuk mengeluarkannya.”

Dokter Saha telah menulis surat kepada Royal College of Patolog di London untuk menjaga spesimen tersebut di museum. Dan beliau mulai berpikir bahwa jumlah  batu empedu yang dikeluarkan itu bisa menjadi rekor dunia baru.

Dr. Saha menambahkan “Dua bulan yang lalu, saya telah mengoperasi seorang gadis yang memiliki 1.110 batu empedu. Tetapi meskipun jumlah ini mengejutkan, saya menemukan bahwa pada tahun 1983, dokter di Inggris telah mengeluarkan 3.110 batu dari kandung empedu pasien dari Jerman.”

“Tapi saya merasa angka ini dapat menggantikan catatan masa lalu karena jumlah saat ini adalah tiga kali lebih dari catatan tersebut. ‘

Minati Mondal telah keluar dari rumah sakit dua hari lalu pemulihan  di rumah.

 

Check Also

Di China Marak Penjualan Gantungan Kunci Dengan Kura-Kura Hidup Di Dalamya

Ada banyak untuk cara manusia menyalahgunakan hewan sebagai hiburan mereka. Dari menempatkan hewan di sirkus, ...

...