Home / Artikel Kesehatan / Sudah Diet Tapi, Berat Badan Tak Kunjung Turun?

Sudah Diet Tapi, Berat Badan Tak Kunjung Turun?

Keluhan yang banyak disampaikan oleh banyak orang yang sedang berdiet adalah mengapa setelah berdiet berat badan tak juga turun, seperti jarum timbangan enggan bergerak, bahkan kadang justru mereka mendapati kenaikan berat badan. Pasti sangat menjengkalkan! Mungkin 11 poin di bawah ini adalah penyebabnya. Mari kita simak.

1.  Jangan berpatok pada timbangan badan

Jika Anda menimbang setiap hari, maka akan ada hari di mana jarum timbangan tidak bergerak turun. Ia tidak berarti bahwa diet Anda tidak berfungsi. Banyak orang kehilangan banyak berat badan dalam minggu pertama dietnya, tetapi ia adalah kebanyakannya berat air. Sudah tentu, kehilangan berat badan adalah tidak sama dengan kehilangan lemak. Dari pada menimbang badan setiap hari lebih baik gunakan pita pengukur untuk mengukur lingkar pinggang Anda  Atau  perhatikan tentang ukuran pakaian Anda. Jika pakaian anda longgar, maka Anda kehilangan lemak.

2.  Sensitif  karbohidrat

50 persen orang lebih sensitif terhadap karbohidrat daripada orang lain. Jika anda berdiet dengan makan rendah karbohidrat dan tidak ada penurunan berat badan maka, anda perlu mengurangi lagi porsi karbohidrat dalam menu Anda.Dan lebih banyak makan protein, lemak yang sehat dan sayur-sayuran berdaun hijau.

3.  Anda mengalami stress berkepanjangan

Kita perlu memastikan bahwa metabolisme kita berfungsi secara optimum. Mendapatkan  tingkat stress yang tinggi dapat meningkatkan rasa lapar dan keinginan Anda untuk makan makanan yang tidak sehat. Sehingga hal ini dapat mengganggu program diet Anda.

4.  Anda tidak makan makanan berkualitas

Diet rendah karbohidrat bukan saja mengurangkan porsi karbohidrat. Anda juga perlu menghindari makanan yang melalui banyak proses (daging yang dimasak dengan santan,misalnya). Makanlah daging, ikan, telur, sayur-sayuran dan lemak yang sehat untuk mengurangi berat badan. Makanan yang diproses bukanlah sesuatu yang anda bisa makan setiap hari. Yang juga penting adalah mengkonsumsi cukup lemak sehat. Jika anda coba untuk mengurangi karbohidrat dan  lemak, anda akan merasa cepat lapar.

5.  Anda Makan Terlalu Banyak Kacang

Kacang-kacangan adalah makanan yang baik dan sehat, tidak diragukan  lagi tentang itu. Tapi  kacang-kcangan juga mempunyai lemak sangat tinggi, Kacang badam sebagai contoh mengandung kira-kira 70% kalori dalam bentuk lemak.

Kacang mengandung kalori yang sangat tinggi dan mudah bagi kita untuk makan terlalu banyak. Jika Anda penggemar snack kacang, coba hindari atau batasi konsumsinya.

6. Anda Tidak Cukup Tidur

Tidur adalah amat penting untuk kestabilan metabolisme tubuh kita. Hampir semua penelitian menyatakan bahwa kurang tidur berhubungan  dengan berat badan dan obesitas. Kurang tidur dapat membuat kita merasa lapar sepanjang hari. Ia juga akan menjadikan kita letih dan kurang semangat untuk berlatih dan makan makanan yang sehat.

Tidur adalah salah satu hal terpenting bagi kesehatan tubuh. Jika Anda telah merasa melakukan program diet Anda dengan benar, tetapi masih tidak mendapatkan porsi tidur yang baik, maka diet anda kurang berhasil.

7. Anda tidak melakukan latihan, atau latihan anda belum efektif

Anda tidak perlu berlatih dengan tujuan membakar kalori. Kalori yang dibakar semasa  latihan  tidaklah terlalu  penting. Walau bagaimanapun, latihan adalah penting untuk kesehatan fisik dan mental.Latihan rutin dapat membantu anda mengurangkan berat badan yaitu dengan meningkatkan sistem metabolisme, meningkatkan masa otot sehingga lemak lebih banyak terbakar. Kombinasi latihan beban dan kardio adalah yang terbaik untuk rutinitas latiahan harian Anda. Berikan tubuh Anda wak tu istirahat dari latihan setidaknya 2 hari dalam seminggu,untukmemberikan tubuh kesempatan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak semasa latihan.

8.  Anda Makan Terlalu Banyak Pemanis buatan

Walaupun beberapa pemanis tidak mempunyai kalori, mereka dapat mempengaruhi tingkat  selera makan kita. Beberapa penelitian menunjukkan bahawa pemanis buatan dapat mempengaruhi selera makan kita. Selain itu, penggunaan pemanis buatan dikaitkan dengan berat badan dalam jangka waktu panjang. Ini mungkin bergantung kepada individu masing-masing, tetapi jika anda sering menggunakan pemanis buatan dan tidak kehilangan berat badan, maka mungkin perlu Anda hindari.

9.  Anda makan terlalu sering

Hindari  makan 4 jam sebelum tidur. Tidak ada manfaat yang terbukti untuk makan banyak makanan kecil sepanjang hari. Coba makan lebih sedikit & beri waktu tubuh untuk membakar lemak lebih banyak.

10.  Anda Sering melakukan “ cheating day “

Bagi orang-orang yang sedang mengawali program dietnya, mungkin akan terdapat waktu cheating day disela-sela hari dietnya. Bagi yang lain, terutama mereka yang rentan kepada ketagihan makanan, memberikan cheating day mungkin justru akan merusak program dietnya.

11.  Anda berdiet terlalu lama.

Mungkin bukanlah ide yang baik untuk berada di dalam defisit kalori terlalu lama pada satu waktu. binaragawan dan model kebugaran tidak pernah melakukan ini.  Mereka melakukan siklus “bulking”  dan  “cutting” . Jika anda makan dengan  defisit kalori atau berdiet untuk beberapa tahun maka, akhirnya laju metabolisme Anda dapat melambat/turun. Jika anda telah berdiet untuk masa yang lama, ambillah masa  dua bulan di mana anda perlu untuk menstabilkan berat badan dan menambah sedikit otot. Selepas dua bulan, anda boleh memulai Diet Anda semula.

Check Also

5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang dihasilkan tubuh. Asam urat dapat terbentuk akibat dari ...

...