Home / Apotik Hidup / Tanaman Kemang yang Langka Namun Disuka Buahnya

Tanaman Kemang yang Langka Namun Disuka Buahnya

Pohon Kemang dapat kita temui diatanam sebagai peneduh jalan. Tanaman ini sebenarnya adalah penghuni habitat rawa, atau lingkungan yang berair. Ia jarang ditemukan di hutan. KEmang banyak ditemukan di pulau Kalimantan dan Sumatera.

Tanaman dengan nama latin Magnifera casesia juga berbuah. 60 persen dari daging buah Kemang dapat dimakan. Kandungan nutrisi dari buah kemang sangat banyak diantaranya adalah lemak, karbohidrat termasuk seraat, tiamin, betakaroten, dan vitamin C. Selain itu ada juga alkenifenol dan asam alkenilsalisilat, serta kemang juga kaya akan polifenol seperti asam galat dan mangiferin.

Tanaman Kemang yang Langka Namun Disuka Buahnya Buah KEmang juga disebut buah Binjai, buah yang telah masak rasanya manis asam dan dimakan sebagai buah segar ataupun dibuat jus. Sedangkan buah yang belum masak dapat dirujak. Di Bali dan Kalimantan Timur, buah Kemang mempunyai rasa yang manis dan tanpa serat sehingga banyak disukai orang dan harganyapun cukup tinggi. Buah ini juga dimanfaatkan sebagai rempah untuk bahan pembuatan sambal bersama-sama dengan ikan. Kayunya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Di Jawa Barat, masyarakat Sunda mengkonsumsi daun mudanya sebagai lalab sayuran.

Tingginya kandungan fosfor dalam buah kemang bermanfaat untuk pembentukan tulang, menjaga kesehatan organ pencernaan, organ ginjal, menaikkan stamina serta mempercepat kesembuhan.

Sayang sekali tanaman Kemang mulai jarang dijumpai saat ini. Padahal perbanyakan tanaman kemang tidak terlalu sulit, umumnya dengan cara mengecambahkan bijinya. Namun dimungkinkan juga dengan cara enten.

 

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...