Home / Apotik Hidup / Tanaman Remek Daging Berkhasiat Obat Luka dan Batu Ginjal

Tanaman Remek Daging Berkhasiat Obat Luka dan Batu Ginjal

Remek daging (Hemigraphis colorata Hall.f.) mengandung beragam senyawa kimia seperti natrium, kalsium, flavonoid dan polifenol. Batang tanaman mengandung saponi dan tanin. Sementara tanin, asam silikat, tanin an glikosida terdapat di daun. Efek farmakoklogi remak daging berupa rasa kelat, astringen, anti diare, diuretik, dan menggumpalkan darah pada luka.

Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan cara distek. Perawatannya dilakukan dengan pemupukan,  penyiangan gulma dan penyiraman secara teratur.

Tanaman Remek Daging memiliki potensi sebagai obat anti diabetes, selain itu juga sangat ampuh digunakan sebagai obat menyembuhkan luka.

Untuk mengobati diare dan disentri : Petik 7 helai daunnya, cuci hingga bersih. Rebus daun dalam 1 gelas air hingga mendidih selama 15 menit. Dinginkan lalu saring dan diminum 3 kali sehari.

Untuk mengobati batu ginjal : Cuci bersih sebanyak 27 gram daun Remek daging lalu rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih. Hasil rebusan disaring agar bersih dari ampas, diminum setelah didinginkan. Lakukan minum ramuan ini 2 kali sehari.

Untuk Mengobati sakit kulit: Cuci daunnya secukupnya, lalu rebus dalam 3 liter air bersih hingga mendidih. Hasil rebusan dicampur ke dalam air bak mandi dan digunakan untuk mandi.

Untuk mengobati luka : Untuk obat luar, 7-9 lembar daun remek daging dicuci bersih, kemudian dilumatkan dengan cara ditumbuk. Oleskan pasta daun remek daging pada luka.

 

 

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...