Home / Artikel Kesehatan / Ternyata Pisang Matang Dengan Bintik-Bintik Hitam Di Kulitnya Berkhasiat Antikanker

Ternyata Pisang Matang Dengan Bintik-Bintik Hitam Di Kulitnya Berkhasiat Antikanker

Anda suka makan Pisang? Buah ini memang sangat mudah ditemukan di negera kita yang beriklim tropis. Banyak kajian yang mengulas tentang manfaat sehat dari buah ini. Dan akhir-akhir ini pisang yang sudah masak dikaitkan dengan antikanker. Bagaimana bisa demikian? Simak yang berikut ini.

Seorang ilmuwan Jepang telah meneliti buah-buahan dan sayuran dan pengaruhnya terhadap kesehatan, saat itulah ia menemukan bahwa ada zat yang ditemukan dalam pisang yang telah  matang, yang bernama Tumor Necrosis Factor alpha (TNF-alpha), ternyata kandungan ini manfaatnya meningkatkan kekebalan tubuh.

Dari hipotesis penelitian tadi mengarah ke kesimpulan bahwa memakan pisang yang telah masak memiliki potensi untuk membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup dan karsinogenesis.

Jumlah TNF-alpha dalam pisang akan terus meningkat secara signifikan dengan seiring semakin matangnya pisang, dan pisang yang telah mencapai tahap tersebut memiliki beberapa bintik-bintik coklat yang dianggap sampai 8x lebih efektif daripada jenis pisang  yang tidak ada bintiknya. Lebih gelap, lebih tinggi diperkirakan efek menguntungkannya.

TNF-alpha dianggap bertindak sebagai agen anti-kanker dengan dengan signifikan merangsang produksi sel darah putih (Leukosit), yang membantu untuk melawan sel-sel tumor yang abnormal didalam tubuh.

Peneliti menentukan bahwa pisang bertindak dengan cara yang sama untuk stimulan kekebalan yang diberikan secara intravena sebagai agen antikanker.

Di antara buah-buahan dan sayuran lainnya yang diuji, seperti bawang putih, jahe, kubis, terong, kiwi, semangka dan anggur juga terungkap akan adanya  aktivitas imunostimulan (merangsang Kekebalan tubuh).

Fitokimia merupakan senyawa kimia yang terjadi secara alami pada tanaman.

Menurut ilmuwan Jepang, pisang masak (dengan bintik-bintik hitam pada kulitnya yang berwarna kuning) menghasilkan zat bernama TNF (Tumor Necrosis Factor) yang bertindak sebagai agen anti-kanker dengan merangsang produksi sel darah putih, dan membantu untuk melawan sel-sel tumor yang abnormal di tubuh.
Untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan dapat melindungi tubuh dari penyakit.

Idealnya makan 1-2 buah pisang matang per hari adalah baik. Secara umum, dianggap bahwa makan sayuran organik dan buah-buahan organik lebih baik untuk kesehatan daripada fitokimia berbasis suplemen kimia. (Menurut American Cancer Society)

Sementara dari hasil kajian ditemukan bahwa pisang matang dengan kulit dan coklat bintik-bintik kuning mengandung lebih banyak gula dari pada pisang yang  kurang-matang (berkulit hijau) pisang,
itu adalah dalam bentuk fruktosa alami dan karena itu lebih sehat daripada gula halus.

Pastikan untuk menghindari pisang dengan lesi di kulit atau sebaliknya terlalu matang untuk dimakan, karena ini mungkin terkontaminasi dengan bakteri.

Catatan: Artikel ini bukan nasihat medis. Kami menulis temuan dari studi ilmiah namun ini tidak harus dianggap sebagai bukti atau rekomendasi obat.

sumber: http://www.healthbeckon.com/

 

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...