Home / Artikel Kesehatan / Tips Mengusir Jerawat Membandel Selamanya

Tips Mengusir Jerawat Membandel Selamanya

Jerawat !  Pasti sangat mengganggu dan menyebalkan! Apalagi jika jerawat tumbuh banyak merah dan meradang. Rasanya jadi orang termalang di dunia. Memakai krim ini itu, minum jamu paitan, pergi ke dokter spesialis kulit, semua dilakukan demi memusnahkan jerawat bandel. Sebenarnya jerawat adalah permasalahan kulit yang dialami hampir semua orang,terutama remaja.

Kalau kamu menganggap jerawat bandel itu sebagai musuh, maka, seperti sebuah peperangan untuk membasminya kamu harus kenali dulu tipe musuhmu itu. Jerawat dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :

1. Comedonal acne / komedo

Komedo adalah termasuk jerawat jenis ringan. Komedo muncul karena timbunan minyak pada kulit yang disebut sebum bersama dengan sel-sel kulit mati menutup pori-pori kulit.  Komedo paling sering muncul pada dahi, hidung, dan dagu. Komedo biasanya dipicu penggunaan kosmetik yang berlebihan dan  polusi udara (debu).

2. Inflammatory acne / Peradangan Jerawat
Inflammatory acne disebut juga peradangan jerawat. Peradangan ini terjadi ketika area tepat di bawah lapisan kulit memerah dan meradang. Hal ini disebabkan kurang tepatnya penanganan pada kulit berjerawat tipe komedo. Komedo yang ditangani dengan sembarangan akan berkembang menjadi  Inflammatory acne / Peradangan Jerawat. Hindari  memencet-mencet komedo dengan tangan karena justru akan mengakibatkan jerawat meradang.

3. Cystic acne

Cystic acne adalah bentuk yang paling parah dari jerawat yang timbul karena adanya infeksi di daerah kulit berjerawat. Jerawat jenis ini menyebabkan rasa sakit ,karena peradangan diakibatkan oleh bakteri yang sudah menginfeksi jerawat.Jika tidk mendapatkan penanganan yang tepat dapat merusak jaringan epidermis sehingga menimbulkan luka parut.

Intinya, jerawat disebabkan minyak, kulit mati yang menumpuk,dan polusi debu yang menyumbat pori-pori wajah. Jadi, untuk menanggulangi jerawat bandel kamu mau nggak mau harus melakukan hal-hal dibawah ini :

1. Menjaga kebersihan tubuh, terutama wajah.

Segera bersihkan tubuh dan wajah setelah beraktifitas di luar rumah terutama saat hari panas,karena debu,keringat  yang menempel di tubuh dan wajah akan menumpuk di kulit dan menimbulkan jerawat.Rutinlah mencuci rambut,dan jika kamu berhijab pastikan selau memakai hijab yang bersih. Karena debu ,kotoran, minyak rambut yang menempel di rambut atau hijab kamu akan menempel diwajahmu hingga memicu jerawat. Gantilah sarung bantal dan guling minimal seminggu sekali.

2. Rajin-rajin minum air putih.

Minum air putih agar toksin/racun didalam tubuh dapat dibuang dengan baik oleh ginjal, jika kerja ginjal baik maka kondisi kulit pun turut membaik.

3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Nah ,ini dia masalahnya,kebanyakan remaja bahkan orang dewasa malas dan enggan memakan sayuran, padahal sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan kulit.  Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu memperbaiki kondisi kesehatan kulit. Makanya,ayo makan sayur dan buah !

4. Berolahraga.

Olahraga meningkatkan metabolisme tubuh,melancarkan peredaran darah dan menghasilkan keringat yang akan membuang kotoran dan toksin didalam tubuhmu melalui kulit hingga kulit akan bersih ,sehatdan segar. Ayolah, berhenti berlama-lama duduk di depan computer,atau memainkan smartphone mu, cobalah keluar rumah berjalan-jalan 15-30 menit atau bergabung dengan teman-teman yang  sedang bermain sepak bola atau bola voli atau bersepeda keliling komplek.

5. Jangan menggunakan kosmetika secara berlebihan.

Produk kosmetika seperti foundation, bedak, blush-on, dsb, dapat menumpuk di permukaan kulit sehingga menyumbat pori-pori kulit, terutama pada kulit berminyak. Tahukan kalau udah tersumbat akan muncul apa ? Jerawat !

6. Hindari stress.

Ya, stress  adalah akar dari semua gangguan kesehatan di tubuh kita. Sebab stress membuat kerja otak dan tubuh tak lagi harmonis. Tubuh merespon stress dengan berbagai cara,salah satunya timbulnya jerawat bandel. Jadi, be positive thinking, semua orang pasti punya masalah, hadapi saja dengan tegar. Be strong !

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...