Home / Berita / WHO : Sosis, Daging Asap dan Daging Olahan Lainnya Satu Peringkat Dengan Rokok Sebagai Bahaya Penyebab Kanker

WHO : Sosis, Daging Asap dan Daging Olahan Lainnya Satu Peringkat Dengan Rokok Sebagai Bahaya Penyebab Kanker

Badan kesehatan dunia WHO baru-baru ini merilis 116 hal yang berpotensi dapat menyebabkan kanker ke publik. Dari sekian banyak penyebab kanker dalam daftar tersebut WHO mengungkapkan daging olahan adalah termasuk ancaman besar kanker yang dapat di setarakan dengan bahaya rokok penyebab kanker.

Itu artinya Daging olahan seperti sosis, burger, daging asap, dan daging olahan lainnya masuk dalam peringkat yang sama sebagai bahan penyebab kanker bersama rokok, arsen, sunbeds, dan asbes sebagai pencetus kanker.

Para ahli berpikir bahan zat-zat yang ditambahkan selama proses pengolahan daging merupakan penyebab kanker. Termasuk pengawet nitrit-nitrat serta sejumlah besar garam.

Dua puluh dua (22) ahli di Badan kesehatan internasional WHO untuk Peneliti Kanker dari 10 negara mengambil keputusan setelah meninjau 800 studi yang menyelidiki hubungan antara daging merah dan daging olahan terhadap beberapa jenis kanker.

Paral ahli WHO menemukan kaitan antara daging olahan dan daging merah dan kanker usus. Para ahli menyimpulkan bahwa setiap 50 gram daging olahan yang dimakan setiap hari meningkatkan risiko kanker kolorektal sebesar 18%.

‘Untuk seorang individu, risiko mengembangkan kanker kolorektal karena konsumsi daging olahan tetap kecil, tapi risiko ini meningkat seiring dengan jumlah daging yang dikonsumsi, “kata Dr Kurt Straif, kepala Monograf Program IARC.

Sepertinya masyarakat memang harus kembali pada gaya hidup sehat, dengan mengonsumsi makanan dari sumber yang segar dan dibudidayakan secara organik, serta membatasi kalau perlu menghindari dama sekali konsumsi daging olahan.

 

Sumber : http://www.dailymail.co.uk/health/article-3293707/Revealed-116-things-cause-CANCER-according-world-health-experts.html

 

Check Also

Di China Marak Penjualan Gantungan Kunci Dengan Kura-Kura Hidup Di Dalamya

Ada banyak untuk cara manusia menyalahgunakan hewan sebagai hiburan mereka. Dari menempatkan hewan di sirkus, ...

...