Home / Artikel Kesehatan / 10 Kiat Ampuh Usir Sembelit Tanpa Obat

10 Kiat Ampuh Usir Sembelit Tanpa Obat

Konstipasi atau sembelit adalah masalah pencernaan yang umum terjadi. Biasanya ditandai dengan susah buang air besar atau buang air besar tidak teratur. Selain orang yang menderita konstipasi sering mengalami pergerakan di usus, terasa melilit dan perut terasa sakit. Orang yang mengalami konstipasi biasanya hanya buang air besar sebanyak 3 kali seminggu atau bahkan kurang.

Bila Anda jarang buang air besar, atau Anda membutuhkan banyak tenaga ekstra usaha untuk BAB,  anda berarti mengalami sembelit. Untuk mengatasi hal demikian yaitu dengan nutrisi yang tepat  dan olahraga, ini akan mendorong tubuh untuk mencerna dengan baik. Penyebab utama sembelit adalah karena stres, diet yang tidak teratur dan mengkonsumsi banyak tepung putih, produk olahan dan makanan yang digoreng.

Selain ketidaknyamanan, sembelit  sering datang dengan sakit kepala,buang angin, dan pada kasus yang berat bahkan wasir dan luka pada kulit dubur.

Berikut adalah tips untuk menghindari Sembelit:

1. Makan serat

Produk makanan yang diperkaya dengan serat makanan atau produk yang mengandung serat alami dikenal karena kemampuan mereka untuk membantu sistem pencernaan. Serat tidak larut menyerap air dalam perjalanan mereka ke tubuh, dan dengan demikian melunakkan tinja dan meningkatkan volumenya, yang mendorong gerakan usus menjadi cepat dan mudah. Serat yang ada di biji-bijian termasuk beras dan gandum, serta kacang-kacangan dan almond.

2. Minum banyak air

Tanpa konsumsi cukup cairan, serat makanan yang Anda makan hanya akan memperburuk sembelit. Hal ini penting untuk minum setidaknya delapan gelas air sehari. Selain itu, asupan air membantu membersihkan tubuh dan membantu dalam metabolisme.

3. Minyak kelapa murni

Virgin coconut oil yang dimurnikan membantu untuk mempercepat metabolisme dan membersihkan tubuh dari kelebihan limbah. Campurkan 1 sdt minyak kelapa murni dengan  segelas jus buah, kemudian minum. Ulangi 3-4 kali per hari minimal 30 menit sebelum makan.

4. Makan plum dan buah Tin kering

Buah-buahan kering pada umumnya, dan khususnya plum, dapat membantu sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Plum yang khusus baik untuk itu karena mereka kaya sorbitol, yang mendorong gerakan usus. Dianjurkan untuk merendam plum dalam air mendidih selama beberapa jam, makan buah-buahan ini atau minum  jusnya  terutama di pagi hari sebelum makan.  buah Tin kering juga membantu gerakan usus, terutama karena mereka tinggi serat. Anda juga bisa memakannya setelah merendam dalam air mendidih.

5. Tomat, Bit dan Buah Kiwi

Makan puree tomat segar bersama dengan satu sendok makan minyak zaitun akan membantu usus untuk berfungsi dengan baik. Juga sejumlah studi klinis pada manusia telah menemukan buah kiwi cara yang sangat efektif untuk memberikan bantuan dari sembelit.

6. Jangan mengupas buah dan sayuran

Sumber lain yang sangat baik dari serat makanan adalah kulit alami dari buah-buahan dan sayuran yang kita makan. Daripada repot-repot mengupas, membiarkan mulut Anda bekerja sedikit lebih keras adalah lebih baik. Buah juga merupakan sumber gula yang belum diproses, dan dapat berfungsi sebagai camilan alami yang akan menenangkan usus.

7. Probiotik

Bakteri baik yang hidup di usus besar berfungsi menyeimbangkan bakteri berbahaya, membantu sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi dengan baik, menurunkan pembentukan gas, mencegah infeksi usus dan mengatur fungsi mereka. Dengan demikian mereka membantu dalam kasus sembelit. Saat ini minuman Probiotik dapat diperoleh di produk makanan yang diperkaya, produk terutama susu atau beberapa suplemen.

8. Produk Herbal Alami Non-resep

Ketika perubahan diet tidak membantu, Anda dapat membeli obat-obatan herbal yang biasanya dijual dalam bentuk daun kering, bubuk atau pil. Ada persiapan yang dihasilkan dari teh Tibet dan dalam situasi yang lebih sulit Anda dapat menggunakan gliserin dan minyak parafin. Namun, sebaiknya tidak menggunakan mereka untuk waktu yang lama. Dan berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

9. Olahraga Teratur dan Yoga

Saat ini hampir semua orang menyadari pentingnya olahraga bagi kesehatan dan kesejahteraan umum. Secara umum, kebanyakan dari kita dalam makan lebih dari yang kita butuhkan, dan tidak menghabiskan energi yang cukup. Bahkan memilih untuk jalan-jalan dan naik tangga bukan lift dapat memperbaiki situasi fisik kita dan membantu sistem pencernaan untuk bekerja dengan baik. Selain itu, ada latihan yoga terutama merawat sistem pencernaan. Praktek, mengambil napas dalam-dalam dan melepaskannya.

10. Santai

Akhirnya, stres umumnya mempengaruhi sistem pencernaan dan sering menyebabkan diare atau sembelit alternatif. Selain itu, stres dapat menyebabkan peningkatan aktivitas di kerongkongan dan perut dan menyebabkan mulas.  Cobalah untuk melakukan relaksasi beberapa saat untuk melepas stres.

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...