Home / Artikel Kesehatan / 6 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Di Makan

6 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Di Makan

6 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Di Makan
1. Tomat Kalengan

BPA adalah bahan kimia beracun yang terkait dengan kelainan reproduksi, efek neurologis,risiko tinggi untuk kanker payudara dan prostat, diabetes, penyakit jantung dan banyak lagi.

BPA di Kemasan Plastik Tak hanya tak ramah lingkungan, plastik juga berisiko mengganggu kesehatan. Namun belakangan, upaya mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari mulai banyak dilakukan. Selain karena dianggap tidak ramah lingkungan yang sukar diuraikan, sejumlah bahan pembuat plastik ternyata berisiko menimbulkan berbagai gangguan bagi kesehatan kita. Salah satunya adalah bisphenol-A (BPA). Zat kimia itu sudah digunakan untuk membuat plastik dan resin epoksifenolat sejak 1957. Sekitar 3,6 juta ton BPA digunakan oleh produsen setiap tahun untuk membuat berbagai barang konsumsi, seperti botol susu bayi dan botol minum, peralatan olahraga, CD dan DVD, serta untuk keperluan industri, seperti lapisan pipa air. Sementara resin epoksifenolat yang mengandung BPA digunakan sebagai pelapis bagian dalam kaleng makanan dan minuman.

Sejak 2008, beberapa negara telah mempertanyakan keamanannya, yang mendorong beberapa pengecer menarik produk polikarbonat. Sebuah laporan 2010 dari Amerika Serikat Food and Drug Administration (FDA) memperingatkan kemungkinan bahaya terhadap janin, bayi dan anak-anak. Pada September 2010, Kanada menjadi negara pertama di dunia yang mengklasifikasikan BPA sebagai zat beracun. Dan negara-negara Uni Eropa dan Amerika Serikat juga sudah melarang peredaran botol susu dan peralatan makan anak-anak yang diduga mengandung BPA.

Cara mudah untuk mengidentifikasi kandungan BPA adalah dengan memerhatikan kode resin – nomor dalam segitiga tanda panah melingkar di bawah barang-barang plastik. Kode resin 7 berarti plastik kemungkinan mengandung BPA.

Atau, perhatikan “PC” di dekat simbol daur ulang, yang berarti polikabonat, yang dibuat dari BPA. Pilih saja produk wadah makanan dan minuman yang tertera tulisan “BPA Free”, atau yang terbuat dari polietielen, polipropilen (kode resin 1, 2 dan 5), poliamida (PA), polietersulfon (PES), bambu, gelas, atau stainless steel.

Ada baiknya juga Anda menghindari konsumsi makanan dan minuman kaleng, dan beralih ke makanan segar. Dan pastikan wadah makanan dan minuman berbahan plastik tidak bersentuhan langsung dengan air panas.atau beralih ke merek yang menggunakan wadah kaca terutama untuk makanan asam seperti tomat.

6 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Di Makan2. Margarin

Ada segudang komponen yang tidak sehat untuk margarin dan mentega palsu lainnya, termasuk lemak trans, radikal bebas, emulsifier dan pengawet, heksana dan pelarut beracun lainnya. Mentega dari susu murni  dibuat dari sapi yang makan rumput, kaya dengan manfaat conjugated linoleic acid (CLA), yang dikenal untuk membantu melawan kanker dan diabetes.

Menurut tim peneliti Harvard University, Amerika Serikat, margarin dan mentega adalah sumber lemak berkalori sama. Namun, mentega dianggap lebih baik karena mengandung lemak alami yang penting untuk kekuatan tulang. Mentega juga mengandung nutrisi lain untuk kesehatan tubuh.

Sedangkan margarin mengandung lemak jenuh yang dihasilkan ketika hidrogen dipanaskan sehingga minyak sayur mengeras. Suhu tinggi dalam proses produksi margarin ini berpotensi menghancurkan vitamin E dan nutrisi lainnya.

Margarin juga menggunakan zat pengeras dalam produksinya, semacam nikel dan cadmium. Nikel adalah logam beracun. Paparan nikel berlebih di dalam tubuh berisiko menyebabkan masalah pada paru-paru dan ginjal. Sedangkan cadmium merupakan zat beracun dari logam berat yang dapat menyebabkan penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi.

Selama ini, margarin sering diklaim sebagai lemak tak jenuh ganda mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang tak dihasilkan tubuh. Margarin juga dikata dapat membantu menekan kolesterol dalam darah dan melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Benarkah?

Tim peneliti Harvard University mengungkap, margarin justru mengandung asam lemak yang dapat meningkatkan risiko inflamasi, meningkatkan risiko serangan jantung, dan mengurangi harapan hidup. Konsumsi margarin secara berlebihan juga bisa memicu penyakit seperti colitis and arthritis

6 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Di Makan3. Minyak Sayur

Minyak nabati sangatlah bermanfaat, dan ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, mereka mendistorsi omega-6 yang penting untuk perbandingan omega-3 . Minyak nabati dapat mengoksidasi kolesterol baik, mengubahnya menjadi kolesterol jahat. Minyak kelapa yang terbaik untuk memasak karena tahan terhadap pemanasan yang merusak.  Ini juga salah satu lemak yang paling unik dan bermanfaat bagi tubuh Anda. Minyak zaitun mudah rusak oleh panas dan terbaik ditambahkan  di atas salad.
6 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Di Makan
4 .Garam Meja

Garam meja dan garam yang ditemukan dalam makanan olahan yang tidak identik dengan garam yang tubuh Anda benar-benar butuhkan . Garam meja mengandung bahan kimia seperti ferrocyanide dan aluminosilikat , dan menambahkan yodium , sementara garam alami mengandung banyak mineral alami , termasuk trace mineral seperti silikon , fosfor dan vanadium . Favorit saya adalah garam Himalaya , yang berisi sekitar 84 mineral yang dibutuhkan tubuh Anda .

5. Pop Corn yang Dimasak denga Microwave6 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Di Makan
Ketika memasak pop corn menggunakan microwave biasanya popcorn dilapisi dengan PFOA (kemasan/kantung pembungkus popcorn), dan ketika mereka dipanaskan senyawa ini larut ke popcorn. Zat kimia ini merupakan bagian dari kelompok luas bahan kimia yang dikenal mengganggu sistem endokrin dan mempengaruhi hormon seks Anda. EPA telah menegaskan PFC sebagai “kemungkinan karsinogen,” dan telah menyatakan bahwa PFOA “menimbulkan risiko kesehatan pada perkembangan dan reproduksi manusia.”

6 Jenis Makanan yang Tidak Seharusnya Di Makan

6. Daging Olahan

Daging olahan biasanya dibuat dari hewan yang dipelihara dengan diberi hormon pertumbuhan, antibiotik dan obat-obatan hewan lainnya. Daging olahan ini juga biasanya berisi natrium nitrit dan perasa kimia lainnya dan pewarna. Daging yang diproses harus dihindari sepenuhnya karena meningkatkan risiko kanker, dan tidak ada daging olahan yang “aman.”

 

Sumber : http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2013/06/10/9-unhealthy-foods.aspx?x_cid=ranart_9-unhealthy-foods_facebook-os-elg

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...