Home / Artikel Kesehatan / 7 Herbal Dahsyat Tingkatkan Produksi ASI

7 Herbal Dahsyat Tingkatkan Produksi ASI

Di Indonesia biasanya ibu-ibu menyusui akan mengonsumsi daun katuk sebagai pelancar dan meningkatkan jumlah produksi ASI. Namun ternyata tidak hanya daun katuk saja yang berkhasiat meningkatkan produksi ASI, beberapa herbal ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang sedang menyusui, bila saja daun katuk tak mudah didapatkan di daerah Anda. Yang menarik beberapa herbal ini memiliki khasiat yang tak kalah dahsyat dengan daun katuk.

1. 7 Herbal Dahsyat Tingkatkan Produksi ASI Klabet atau Fenugreek

Penelitian menunjukkan bahwa klabet atau fenugreek dapat meningkatkan jumlah produksi air susu pada wanita menyusui. Minyak dalam biji fenugreek diyakini memiliki peran yang penting untuk hal tersebut.Karena itu, mengonsumsi setidaknya 500 mg biji fenugreek dapat  meningkatkan jumlah produksi air susu ibu.

Caranya, rendam satu sendok makan biji klabet/fenugreek dalam satu cangkir air semalaman. Di pagi hari, rebus air rendaman bersama dengan biji fenugreek selama beberapa menit. Saring,  dan minum teh ini setiap pagi sampai Anda mendapatkan hasil yang positif.

Anda dapat memilih membelinya dalam bentuk kapsul, dan minum  tiga kapsul fenugreek, tiga kali sehari selama 10 hari pertama. Kemudian dua kapsul, tiga kali sehari selama 10 hari berikutnya. Akhirnya minum satu kapsul, tiga kali sehari selama 10 hari.

Catatan: wanita diabetes dan asma dilarang menggunakan obat fenugreek atau klabet ini.

2. 7 Herbal Dahsyat Tingkatkan Produksi ASI Biji adas

Biji adas juga membantu meningkatkan produksi ASI. Ramuan ini bertindak sebagai galactogogue, yaitu suatu zat yang membantu tubuh memproduksi ASI lebih banyak. Plus, biji adas juga membantu masalah pencernaan dan membantu mencegah nyeri kolik pada bayi kecil.

Tambahkan satu sendok makan biji adas untuk satu cangkir air panas. Tutup cangkir, biarkan selama 30 menit, dan kemudian saring. Minum teh adas ini dua kali sehari selama satu bulan.

Atau, campur masing-masing satu setengah cangkir biji adas, biji jintan dan gula batu  dalam mangkuk. Giling bahan-bahan tersebut untuk membuat serbuk yang halus. Ambil satu sendok teh serbuk tadi masukkan ke dalam satu cangkir susu, lalu minum  tiga kali sehari selama satu atau dua minggu.

Anda juga bisa mencoba untuk memasukka biji adas dalam masakan.

3. 7 Herbal Dahsyat Tingkatkan Produksi ASI Biji Jinten

Biji jinten juga diyakini dapat merangsang produksi ASI. Plus, biji jintan meningkatkan fungsi pencernaan dan memberikan bantuan pada gangguan sembelit, asam lambung dan kembung. Juga merupakan sumber zat besi yang menyediakan kekuatan untuk ibu baru setelah melahirkan.

Campurkan satu sendok teh jinten  dengan satu sendok teh gula. Minum campuran ini dengan segelas susu hangat setiap hari sebelum tidur selama beberapa minggu.

Atau, tambahkan dua sendok teh biji jinten pada satu setengah cangkir air dan didihkan. Saring dan tambahkan satu setengah cangkir susu dan satu sendok teh madu. Aduk rata dan minum sekali sehari selama beberapa minggu.

5. 7 Herbal Dahsyat Tingkatkan Produksi ASI Cinnamon/ Kayu Manis

Menurut pengobatan Ayurveda, kayu manis juga akan membantu untuk meningkatkan sekresi ASI. Ketika ibu menyusui konsumsi kayu manis akan membantu meningkatkan produksi ASI. Plus, membantu menunda terjadinya menstruasi setelah melahirkan dan mencegah konsepsi awal.

Campur sejumput bubuk kayu manis dan satu setengah sendok teh madu. Minum bersama dengan secangkir susu hangat. Ulangi setiap hari sebelum tidur untuk satu atau dua bulan.

6. 7 Herbal Dahsyat Tingkatkan Produksi ASI Bawang putih

Bawang putih merupakan  galactagogue yang sangat baik, bawang putih merangsang laktasi. Telah diuji bahwa ibu menyusui yang makan bawang putih cenderung menyusui lebih lama,dan bayinya menyukai rasa ASI ibunya.

Parut tiga siung bawang putih. Rebus bawang putih parut bersama satu cangkir air sampai air berkurang menjadi sekitar seperempat cangkir. Tambahkan secangkir susu ke dalam campuran dan didihkan lagi. Angkat dari api, tambahkan satu setengah sendok teh madu dan saring. Minum sekali sehari, di pagi hari, selama masa menyusui.

7. 7 Herbal Dahsyat Tingkatkan Produksi ASI Jinten Hitam

Jintan hitam yang tidak banyak mengandung lemak tidak jenuh serta struktur hormonal yang terdapat pada jintan hitam dapat membantu memperbanyak produksi ASI (air susu ibu). Jinten Hitam juga kaya akan kalsium,serta Biji jintan hitam banyak dikatakan dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit, asam lambung, dan kembung.

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...