Home / Artikel Kesehatan / Cara Alami Atasi Mual dan Muntah

Cara Alami Atasi Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan gejala yang sering kita jumpai. Mual merupakan sensasi tidak nyaman pada perut bagian atas sehingga menimbulkan rasa ingin muntah. Sedangkan muntah adalah keluarnya isi lambung melalui mulut. Mual dan muntah merupakan gejala, bukan penyakit yang berdiri sendiri. Oleh karena itu mual dan muntah disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis (penyakit) yang mendasarinya.

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya mual dan muntah :

  1. Penyakit akibat virus, seperti gastroenteritis
  2. Keracunan makanan
  3. Stres, gugup, atau masalah mental lainnya seperti depresi atau gangguan panik
  4. Obat-obatan seperti antibiotik, pil penunda kehamilan, dan obat jantung
  5. Migrain / sakit kepala sebelah
  6. Serangan jantung
  7. Stroke
  8. Cedera kepala
  9. Alkohol, penyalahgunaan obat atau putus obat
  10. Gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia
  11. Efek samping terapi radiasi

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan utuk mengatasi gejala mual dan muntah:

1. Minum banyak air

Serangan muntah yang hebat bisa berbahaya bagi tubuh. Hilangnya air dari tubuh dapat menyebabkan dehidrasi serius. Untuk mencegah tubuh dari dehidrasi, minumlah banyak air sehingga keseimbangan cairan Anda akan tetap terjaga.

2. Jahe

Jahe dikenal untuk menyembuhkan sejumlah iritasi lambung dan nyeri. Jahe juga bersifat anti spasmodik alami yang Anda butuhkan untuk menghentikan muntah. Hancurkan sepotong jahe tambahkan segelas air panas. Seduh selama 10-15 menit dan minum untuk menghentikan refluks alami/ muntah.

3. Daun Mint

Ambil beberapa lembar daun mint segar, kunyah daun mint bila Anda tidak dapat lagi mengontrol sensasi muntah Anda. Mint mampu menghilangkan segala jenis iritasi di usus dan kerongkongan. Daun mint juga mampu membunuh kuman yang bercokol dalam perut Anda yang bisa menjadi penyebab muntah.

4. Cengkeh

Cengkeh digunakan untuk mengobati gejala seperti mual, diare, gangguan pencernaan dan muntah. Ambil satu sendok teh cengkeh dan didihkan bersama dengan satu cangkir air. Gunakan api kecil selama sepuluh menit. Saring airnya dan minum setiap kali Anda merasa seperti ingin muntah. Aroma dan rasa cengkeh juga dapat mengatasi mengurangi muntah.

5. Kayu manis

Batang kayu manis dapat membuat perbedaan besar untuk keinginan muntah. Jika muntah disebabkan karena gangguan pencernaan, kayu manis dapat membantu pencernaan dan mencegah muntah. Selama terjadinya gangguan pencernaan, saluran usus akan terganggu dan Anda mungkin merasa mual. Ambil setengah sendok teh bubuk kayu manis dan didihkan bersama secangkir air. Minum untuk meredakan muntah dan gejala yang terkait.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...