Home / Artikel Kesehatan / Cara Menurunkan Panas Demam Balita Kurang Dari 5 Menit ,Tanpa Obat Kimia

Cara Menurunkan Panas Demam Balita Kurang Dari 5 Menit ,Tanpa Obat Kimia

Demam, merupakan kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja termasuk oleh anak-anak. Beberapa orang tua sering kali kebingungan ketika mendapati anaknya mengalami peningkatan suhu tubuh. Kecemasan yang dialami oleh orang tua akan menimbulkan beberapa tindakan yang berlebihan dalam penanganan demam. Padahal demam merupakan suatu mekanisme yang terjadi di dalam tubuh dalam mengatasi infeksi.

Demam tidak membahayakan asalkan tidak menimbulkan dehidrasi, kesadaran menurun ataupun kejang. Tetapi jika suhu anak naik cukup tinggi sehingga membuat anak Anda benar-benar tidak nyaman atau dehidrasi,maka solusinya menurunkan demam dengan cara berikut ini yang sangat efektif.

Cara Penanganan Demam pada Anak dan Balita Cukup 5 Menit

– Tempatkan Anak yang demam pada ruangan yang  sejuk

– Lalu kompres dengan kain basah di dahi anak Anda ,biarkan dia bersandar

– Mandikan anak  di bak dengan air  suam-suam kuku atau juga bisa menyekanya mengguanakn spons mandi. Karena Ketika air menguap dari kulit si anak, uap air akan membawa panas keluar dan medinginkan suhu tubuh anak.

– Jangan gunakan air dingin. Karena perubahan suhu yang drastis  dapat membuatnya menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya justru meningkat.

– Demikian juga, jangan menggunakan alkohol. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan suhu dan bahkan mungkin keracunan alkohol.

– Beri anak Anda banyak minum dan makanan yang medinginkan, seperti yogurt, untuk membantu mendinginkan tubuh dari dalam dan menjaganya tetap terhidrasi.

–  Lepaskan pakaian tebal anak Anda,  sehingga panas lebih mudah melalui keluar melalui  kulit.

– Beri pakaian yang tak terlalu tebal, ringan dan lembut. Jika dia menggigil, beri selimut yang tak terlalu tebal sampai dia merasa hangat lagi.

– Cuci, kupas dan parut beberapa kentang. Masukan kentang parutan kentang ke dalam kaus kaki bersih lalu tempatkan kaus kaki tadi pada kaki anak Anda. Ini akan segera menurunkan suhu tubuhnya.

PERHATIAN: Hubungi dokter segera jika demam terjadi pada anak Anda berusia kurang dari 3 bulan. Untuk bayi berusia 3-5 bulan, hubungi dokter jika suhu tubuhnya mencapai 101F atau 39 C derajat atau lebih tinggi dan pada begitu pula pada bayi yang berusia lebih dari 6 bulan,  jika demamnya mencapai 102F / 40 derajat atau lebih.

Cara Menurunkan Panas Demam Balita ,Tanpa Obat Kimia Kurang Dari 5 Menit

Tidak peduli berapaun usia anak Anda, hubungi dokter jika dia mengalami demam bersama dengan gejala serius lainnya, seperti kesulitan bernapas atau bintik ungu di kulitnya. Ini dapat menjadi tanda infeksi bakteri yang serius.

 

 

sumber: http://healthyrecipeshome.com/the-most-effective-ways-to-lower-childs-fever-without-medication-in-less-than-5-minutes-2/

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...