Home / Apotik Hidup / Cara Meramu Daun Landep Menjadi Obat Alamiah Mujarab

Cara Meramu Daun Landep Menjadi Obat Alamiah Mujarab

Barleria prionitis L. dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman Landep. Tanaman ini di berbagai daerah dikenali denga nama berbeda-beda seperti; Jarong, Kembang Landep (sunda), Landep (jawa), Bunga Landak (sumatera), dan Landhep (madura). Sedangkan di luar negeri dikenal sebagai Katshare’ya (India,Pakistan) dan Percufine flower (Inggris).

Tanaman Landep banyak tersebar di Afrika, India, Sri Lanka, dan daerah tropik Asia termasuk Indonesia. Di Indonesia yang beriklim kering tumbuh liar atau ditanam untuk pagar halaman, mulai dataran rendah sampai 400 m dpl.

Jenis tanaman ini menyerupai semak, tinggi 1,5 – 2 m. Batang berkayu, segi empat, berbuku-buku, berambut, berduri kuat yang terdapat pada ketiak-ketiak daun. Daun : tunggal, daun muda berambut, letak berhadapan, panjang tangkai daun 4 – 8 mm.Buah Landep berwarna hijau, sedangkan bijinya berwarna cokelat. Perbanyakan tanaman Landep dengan menggunakan biji atau setek batang.

Daun tanaman ini memiliki rasa agak kelat, memiliki bau yang lemah. Daun Landep mengandung saponin, flavonoida dan polifenol. Ekstrak etanol tanaman Landep (daun dan batang) mengandung senyawa feniletanoid glikosida.

Daun Landep dikenal luas memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan, yang paling umum adalah manfaatnya bagi perawatan rambut. Berikut adalah cara meramu tanaman Landep sebgai obat alami yang mujarab.

1. Mengobati Luka

15 g akar landep dicuci hingga bersih. Tambahkan ¼ sendok teh kapur sirih. Tumbuk sampai halus, kemudian tempelkan pada luka.

2. Mengobat Kurap / panu

Akar secukupnya lalu digiling halus, tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis. Lalu diaduk merata sampai seperti bubur. Balurkan pada kurap lalu dibalut dengan kain bersih atau perban. Ganti 2 kali sehari, sampai sembuh.

3. Mengobati Rematik, sakit pinggang, sakit kepala

1 genggam daun landep segar di cuci, lalu digiling halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk hingga merata sampai menjadi seperti bubur kental. Balurkan ke bagian tubuh yang sakit. Bila sakit kepala, balurkan di kening.

4. Menobati Sakit gigi

Daun dikunyah dengan gigi yang sakit.

5. Mengobati Gusi nyeri dan berdarah

Daun landep segar di cuci, lalu digiling halus. Air perasannya ditambahkan sedikit madu. Gunakan untuk memoles gusi yang sakit.

6. Mengobati Demam, sakit perut, melancarkan buang air kecil

1 genggam daun landep segar di cuci, lalu di seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin disaring, lalu diminum.

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...