Home / Artikel Kesehatan / Cara Mudah Cek Tekanan Darah Anda Tanpa Alat Bantu

Cara Mudah Cek Tekanan Darah Anda Tanpa Alat Bantu

Pada saat Anda berada di rumah, restoran, jalan atau di sebuah pesta, dan Anda mulai merasakan gejala seperti: Sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, mual atau bahkan pingsan.Maka anda harus mulai waspada tentang apakah yang sedang berlaku dalam diri anda.

Ada dua jenis gangguan tekanan darah dalam tubuh yaitu Hipertensi (tekanan darah tinggi) atau Hipotensi (tekanan darah rendah), Jika terjadi maka Anda harus mulai khawatir akan hal itu. Anda mungkin ingin melakukan cek up tensi darah tapi terkendala dengan Alat Cek tekanan darah yang tidak ada, atau harus ke Apotik/Klinik dahulu.

Nah… ada cara dan solusi mudah mengetahui gambaran  tekanan darah anda dengan cara sederhana berikut ini. Metoda ini akan memeriksa tekanan darah Anda dengan hanya melihat reaksi tangan kanan Anda.

Ingat! Metode ini tidak dimaksudkan untuk diagnostik, mengobati, menyembuhkan atau mencegah penyakit. Metode ini hanya memberi Anda gambaran betapa buruk atau baik kondisi tekanan darah Anda saat itu.

1. Berdiri dengan tangan Anda lurus ke bawah (seperti militer) di samping dinding yang kuat atau lihat seperti  gambar. Anda harus berdiri sangat dekat, hampir menyentuh dinding , tapi tidak menyentuhnya. (Lihat Gambar 1) Cara Mudah cek tekanan Darah Anda Tanpa Alat Bantu 2. Kepalkan tangan kanan Anda seperti tinju. Jangan bergerak. Jauhkan tangan Anda ke bawah.

3. Dorong dan tekan dengan tangan kanan Anda yang masih mengepal dinding disamping anda.

Penting! Buat Tekanan dengan tangan kanan Anda yang mengepal Jangan Tekan dinding  dengan tubuh Anda.Cara Mudah cek tekanan Darah Anda Tanpa Alat Bantu 4. Tahan tekanan ke dinding selama 20 detik. (Jika Anda tidak memiliki jam Anda dapat mengandalkan hitungan 1 sampai 20). 5. Lepaskan lengan Anda dan ambil jarak menjauh dari dinding tadi.

6. Pertahankan lengan kanan Anda yang sudah mulai terasa teregang. Anda akan merasa tangan kanan seperti  ringan dan mulai melayang. (tetap jaga peregangan pada tangan Anda).

7. Ketika Anda merasa bahwa lengan kanan Anda sudah tidak ringan dan mengambang lagi, hentikan lengan Anda pada posisi ini.

8. Hasil:

– Jika posisi lengan Anda saat selesai membentuk  sudut 90 derajat  ke tulang rusuk Anda, Anda memiliki tekanan darah normal. (Lihat Hasil dari Gambar 2)

– Jika posisi lengan Anda saat selesai berada lebih rendah dari sudut 90 derajat, artinya Anda memiliki tekanan darah rendah. (Lihat Hasil dari Gambar 3)

– Jika posisi lengan Anda saat selesai lebih tinggi dari sudut 90 derajat, artinya  Anda memiliki tekanan darah tinggi. (Lihat Hasil dari Gambar 4)

Cara Mudah cek tekanan Darah Anda Tanpa Alat Bantu sumber http://supertastyrecipes.com/2015/12/check-your-blood-pressure-with-no-devices-at-all/

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...