Home / Artikel Kesehatan / Diet dan Gaya Hidup Sehat yang Sembukan Psoriasis

Diet dan Gaya Hidup Sehat yang Sembukan Psoriasis

Apa itu Psoriasis?

Psoriasis adalah jenis penyakit yang sama sekali berbeda dari kondisi eksim atau dermatitisi. Ini adalah penyakit kronis dan berulang. penyakit kulit inflamasi yang ditandai dengan bercak merah, kering, kulit bersisik dengan perbatasan yang berbeda antara kulit sakit dan kulit normal. Nyeri dan gatal-gatal biasanya menyertai kondisi ini.

Psoriasis adalah bentuk beragam penyakit kulit yang mungkin muncul dalam berbagai bentuk, masing-masing dengan karakteristik yang berbeda mereka. Dalam beberapa penderita, dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Tingkat keparahan gejala psoriasis berbeda-beda di antara para penderitanya. Selain itu, intensitas gejalanya dapat berubah dari waktu ke waktu. Ada yang mengalami gejala yang ringan atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu. Tetapi kemudian gejala bertambah parah hingga mengganggu kenyamanan pengidap.

Gejala Psoriasis

Psoriasis dimulai paling sering pada orang berusia antara 10 dan 40, meskipun orang di semua kelompok umur lainnya juga rentan. Hal ini biasanya dimulai dengan plak di bagian kecil di kulit kepala, siku, lutut, bokong atau punggung.

Lapisan tebal ini mungkin dapat bersih setelah beberapa bulan, atau mungkin tetap tumbuh menjadi lapisan tebal bersisik yang lebih besar.

Beberapa kasus, psoriasis dapat tumbuh di beberapa tempat di kulit, sementara yang lain mungkin memiliki tumbuh meliputi daerah yang luas dari tubuh. Psoriasis  penyakit kulit  yang tidak menular.

Ada banyak bentuk psoriasis. Bentuk yang paling umum adalah  psoriasis plak. Kulit akan ditutupi oleh sisik yang berwarna keperakan, terasa kering, dan menimbulkan plak atau luka merah pada kulit yang menimbulkan rasa gatal dan menyakitkan. Apabila plak sudah parah, kulit mungkin mengalami retak dan berdarah. Semua bagian tubuh dapat mengalami jenis penyakit ini, termasuk alat kelamin.

Psoriasis inverse sebagian besar ditemukan di bawah ketiak, groin, di bawah payudara dan di daerah lipatan kulit lainnya. Lesi berwarna merah dan tampak sangat halus dan mengkilap, tidak seperti plak psoriasis.

Psoriasis erythrodermic menyebabkan kulit menjadi merah dan bersisik. Lesi seperti terbakar, membuat kulit tidak mampu melindungi diri terhadap cedera dan infeksi.

Psoriasis pustular memiliki lesi yang berukuran besar dan kecil dengan lepuh nanah (pustula) biasanya terbentuk di telapak tangan dan telapak kaki. Kadang-kadang mereka juga tersebar di seluruh tubuh.
Penyebab Psoriasis

Psoriasis terjadi karena tingkat abnormal tinggi oleh pertumbuhan sel-sel kulit.Hal ini dikaitkan  pertumbuhan sel yang cepat dianggap bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh dan racun dalam darah.

Ketika terkena sinar matahari cerah (selama musim panas), beberapa gejala dapat berkurang. Sedangkan selama cuaca dingin (atau musim dingin) keluhan akan bertambah. Beberapa obat juga dapat memicu psoriasis.

Sejumlah faktor lain juga diduga menyebabkan atau memberikan kontribusi psoriasis, termasuk stres yang berlebihan, kelebihan tembaga dan keratin, itoleransi protein, toksemia usus, gangguan fungsi hati, gula, tembakau dan konsumsi alkohol, dan konsumsi berlebihan makanan olahan dan hewan lemak.

Bagaimana Program Diet yang Baik Untuk Penderita Psoriasis?

Racun  berlebihan dalam aliran darah kita yang lolos dari hati, akan membuat ginjal bekerja lebih berat, dan pada gilirannya akan dibuang melalui kulit. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kulit dan gangguan seperti psoriasis.

Penyakit kulit adalah tanda-tanda bahwa tubuh tidak menyingkirkan racun sebagaimana mestinya. Psoriasis dikatakan penyakit seumur hidup, tapi kami percaya bahwa dengan program detoksifikasi yang tepat, perubahan total dalam diet dan gaya hidup dapat membuat psoriasis tertanggulangi .

Batasi konsumsi produk gula, produk hewani, yaitu lemak dan produk susu karena mengandung asam arakidonat tertentu yang hanya ditemukan di jaringan hewan yang sangat beracun bagi penderita psoriasis kronis.

Juga menjauhi rokok dan alkohol sama sekali karena keduanya dapat meningkatkan penyerapan racun dari usus yang merangsang psoriasis.

Asam Lemak Esensial, mencegah dan meringankan psoriasis

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu mencegah dan meringankan gejala psoriasis. Meningkatkan asupan ikan, seperti salmon, mackerel, herring, dan halibut secara signifikan dapat mengurangi gejala, terutama gatal, dalam waktu delapan minggu. Jika ikan-ikan ini tidak mudah tersedia, coba kapsul minyak ikan.

Mengurangi minyak asupan nabati omega-6 jenis, seperti jagung, bunga matahari dan safflower minyak dan margarin dan shortening yang terbuat dari produk ini. Untuk kemudian meningkatkan asupan omega-3 yang ditemukan dalam minyak nabati terbaik dari biji rami. Hasil yang baik dan cepat telah terlihat pada penderita psoriasis yang mengambil 2-3 sdm minyak biji rami setiap hari.

Suplemen lain yang baik dikonsumsi untuk membantu mempercepat penyembuhan adalah vitamin B, vitamin D, dan probiotik berkualitas tinggi.

Hindari sumber gluten, seperti gandum untuk membantu mengurangi masalah.

Terapi Jus Bagi Penderita Psoriasis

Minum 2-3 gelas jus sayuran hijau setiap hari untuk membantu alkali tubuh Anda, membersihkan dan memelihara sistem / hidrat sel Anda untuk penyembuhan lebih cepat.

Minum banyak air minum murni untuk membuang racun.

Tips Kuno : Gosok sepotong kentang pada kulit untuk menghilangkan gatal di kulit.

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...