Home / Artikel Kesehatan / FIKA, Rahasia Orang Swedia Tingkatkan Konsentrasi dan Produktifitas Kerja

FIKA, Rahasia Orang Swedia Tingkatkan Konsentrasi dan Produktifitas Kerja

Apakah yang terlintas di kepala Anda ketika mendengar kata ‘Fika’? Nama rekan Anda di kantor? Atau salah satu jenis Pokemon yang terkenal itu alias Fikachu?

Kalau bagi orang Swedia, kata ‘Fika’ bukanlah hal asing bagi mereka. Fika adalah tradisi unik dari negara Swedia yang sudah ada sejak tahun 1700-an.

Tradisi Fika dapat diartikan sebagai kegiatan berbincang-bincang ringan dengan kolega, keluarga, teman, atau kekasih sembari meminum kopi. Selain itu, ‘jeda minum kopi’ ini biasanya juga dilengkapi dengan kue-kue manis dan roti isi sebagai kudapan.

Tradisi Fika dapat diadakan pada pagi atau sore hari atau keduanya! Umumnya, tradisi ini berlangsung paling lama 30 menit dan dilakukan pada sekitar pukul 10 pagi. Sedangkan saat sore, umumnya dilakukan pada pukul 3, atau paling lambat pukul 5 sore. Sebetulnya tak ada waktu wajib untuk melaksanakan ‘istirahat minuk kopi’ a la Swedia ini. Tak ada larangan pula apabila Anda berkumpul dan minum kopi bersama rekan Anda pada waktu senggang di luar waktu-waktu tersebut.Karena sejatinya yang diutamakan dari tradisi Fika adalah kebersamaan yang hangat.

Selain itu, tahukah Anda? Di Swedia, kebanyakan perkantoran mengkhususkan waktu bagi pekerjanya untuk melakukan Fika alias jeda minum kopi bersama. Kegiatan tersebut rutin dilakukan sekitar pukul 9 pagi dan juga pukul 3 sore.

Lantas, apakah manfaat tradisi Fika itu sendiri?

1. Menjaga Konsentrasi Anda Tetap Fokus

Sebuah studi jurnal mengenai Kognisi pada tahun 2011 menyatakan, bahwa kebiasaan rutin meminum kopi di waktu tertentu dapat mengembalikan konsentrasi Anda setelah berjam-jam lelah bekerja dengan tugas. Setelah minum kopi dan mengobrol sejenak, pasti fokus Anda akan kembali lagi sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan maksimal.

2. Mencegah Stress dan Menaikkan Mood

Sebuah studi tentang Reaksi Simbolik menemukan bahwa melakukan ‘istirahat minum kopi’ dengan rekan, keluarga, bahkan kekasih Anda ternyata mampu mencegah gejala stress. Bekerja terlalu lama jelas akan membuat Anda merasa jenuh. Selain itu, mood pasti berubah jelek apabila Anda terlalu kelelahan. Maka tradisi Fika ini bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Minum kopi dapat menghilangkan stress dan juga membuat mood Anda jauh lebih baik. Hal itu akan membuat semangat kerja Anda semakin meningkat.

3. Meningkatkan Produktivitas

Studi dari MIT menyatakan, bahwa mereka yang meluangkan waktu untuk berbincang dengan teman, keluarga, kolega, atau kekasih sambil minum kopi dan makan camilan, 10-15% mengalami peningkatan produktivitas kerja. Sementara itu, mereka yang lebih memilih untuk melakukan istirahat sambil makan dan minum di depan komputer cenderung membuat orang tersebut makan berlebihan.

4. Mengisi Ulang Energi Anda

Menurut The Energy Project,sebuah perusahaan konsultan produktivitas di New York, menemukan bahwa tanpa adanya coffee break, Anda cenderung melakukan pekerjaan dengan kurang efisien. Selain itu, Anda juga cenderung akan membuat lebih banyak melakukan kesalahan saat melakukan sesuatu, dan kurang bergairah saat melakukan pekerjaan Anda. Maka, dengan meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat sambil minum kopi dan mengobrol, energi Anda dapat terisi kembali sehingga tubuh menjadi lebih fit.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...