Home / Artikel Kesehatan / Gigi Ngilu Saat Minum Air Perasan Jeruk Lemon? Ini Solusinya!

Gigi Ngilu Saat Minum Air Perasan Jeruk Lemon? Ini Solusinya!

Minum Air yang dicampur dengan perasan Lemon ataupun Jeruk Nipis saat ini sedang sangat populer. Minuman ini biasa dikonsumsi oleh mereka yang menyukai perawatan kesehatan dengan cara alami juga menjadi minuman wajib bagi pelaku Food Combining. Tak salah, karena banyak penelitian yang memberikan bukti manfaat besar dari minum air yang dicampur dengan perasan jeruk Lemon maupun jeruk Nipis. Seperti yang disebutkan di sini Manfaat Nyata Minum Air Perasan Jeruk Lemon

Namun beberapa orang mulai mengeluhkan rasa ngilu di gigi saat minum air lemon maupun air jeruk nipis ini. Ini bisa saja disebabkan sebelum rutin minum Air Perasan Lemon atau Jeruk Nipis pori-pori gigi Anda sudah  tertutup plak atau karang yg tebal, terutama pada batas antara gigi dan gusi. Dengan rutin minum perasan jeruk Lemon (yang memiliki sifat pembersih kuat) maka pori-pori gigi yang tadinya tersumbat jd bersih dan terbuka. Nah, jika email pelindung gigi Anda menipis mungkin karena usia, atau gigi berlubang,akar gigi yang terbuka karena sebelumnya karang giginya cukup tebal dibatas gusi dan gigi, maka dapat menyebabkan rasa ngilu setelah rutin minum perasan jeruk lemon ataupun jeruk nipis.

Untuk mengatasi rasa ngilu saat minum perasan jeruk lemon ini ada beberapa tips yang perlu Anda tahu.

1. Jika gigi mulai terasa ngilu saat minum air perasan lemon jangan minum dari gelas langsung, tapi gunakan sedotan panjang setiap kali meminumnya. Ini memungkinkan air perasan lemon atau jeruk nipis tidak melewati rongga mulut dan kontak langsung dengan gigi-gigi Anda, tapi langsung masuk ke tenggorokan.

Dalam Food Combining minum perasan jeruk lemon diutamakan untuk dikumur-kumur dulu agar airnya bercampur dengan air liur, kemudian baru ditelan. Jika minum menggunakan sedotan, Anda tidak  perlu kuatir air perasan lemon tidak bercampur dengan air liur karena fungsi air lemon ini utamanya adalah pembersihan saluran pencernaan (mulai saluran tenggorokan sampai usus)
dan tonik bagi fungsi hati.

2. Gunakan pasta untuk gigi sensitif yang banyak beredar di pasaran , karena sifat pasta gigi ini adalah menutup pori-pori gigi dan melindungi syaraf gigi agar tidak langsung terkena rangsangan rasa  manis, panas, dan dingin yang memicu rasa ngilu di gigi.

3. Segera berkumur dengan air putih setiap kali minum air lemon atau jeruk nipis. Kemudian tunggu 30 menit baru setelah itu Anda dapat menyikat gigi. Karena ternyata menyikat gigi langsung setelah makan kurang baik bagi gigi,karena saat itu suasana dalam mulut masih terlalu asam, netralkan degan berkumur/ minum air putih.

4.  Hilangkan kebiasaan buruk menggosok gigi dengan tekanan yang keras dan dengan gerakan kiri-kanan. Gerakan yang benar pada saat menggosok gigi adalah ‘merah-putih’, yaitu dari gusi ke gigi, sikat gigi dimiringkan dan disikat memutar.

5. Periksa ke dokter gigi untuk mengetahui seberapa jauh kerusakan gigi Anda dan tindakan apa yang harus diambil.

Salam Sehat Alami!

 

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...