Home / Artikel Kesehatan / Herbal Alami Atasi Masalah Mengompol Pada Anak

Herbal Alami Atasi Masalah Mengompol Pada Anak

Nocturnal Enuresis atau Mengompol merupakan istilah untuk seseorang yang buang air kecil tanpa disadarinya saat mereka sedang tertidur, terutama pada malam hari. Ini umumnya terjadi pada bayi dan balita, dan hal tersebut adalah normal. Lain halnya jika mengompol terjadi pada anak dan orang dewasa, hal ini dianggap tidak normal dan menunjukkan suatu gangguan fisik maupun psikis pada mereka.

Begitu banyak keluhan dari orang tua yang khawatir tentang kebiasaan mengompol anak mereka. Selain itu, anak-anak yang masih memiliki kebiasaan buruk mengompol setelah melewati usia 6-7 tahun tentunya membuat orang tua khawatir akan menjadi kebiasaan yang berlanjut hingga remaja. Mengompol pada usia yang seharusnya sudah mampu mengendalikan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang pengertian mengompol juga digunakan untuk anak-anak yang tidak dapat mengontrol pengeluaran urin ketika anak anda terjaga.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak yang berusia 5-15 tahun yang masih memiliki kebiasaan buruk, mengompol. Satu dari empat anak yang diteliti masih memiliki kebiasaan mengompol pada usia 3,5 tahun. Sedangkan pada  usia lima tahun, satu dari lima anak masih memiliki kebiasaan mengompol dan pada usia enam tahun turun menjadi satu dari 10 anak-anak yang memiliki kebiasaan buruk ini. Enuresis biasanya akan berhenti ketika anak mencapai usia pubertas.

Beberapa faktor dapat menjadi penyebab mengompol seperti Faktor keturunan dan psikologis,hormonal, anak yang tidur terlalu nyenyak, dan keterlambatan proses pematangan sistem saraf.

Beberapa upaya bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan mengompol pada anak-anak, mulai dari membiasakan diri kencing sebelum tidur, membangunkan merekan untuk kencing di malam hari, beri lampu yang terang di kamar mandi agar anak tidak takut pergi ke kamar mandi, hindari memberikan minuman seperti teh sebelum tidur, dan bila gangguan mengompol sangat parah Anda bisa mempertimbangkan terapi psikologis bagi anak Anda.
Berikut adalah beberapa buah dan rempah yang dapat mengatasi kebiasaan mengompol pada anak.

1. Buah Jamblang atau Duwet

Ambil 8 buah biji buah juwet dan garam secukupnya, kemudian bungkus buah juwet dan garam tersebut dengan daun pisang, tanak atau kukus sampai airnya mendidih. Saat menjelang tidur berikan buah juwet tersebut kepada anak kita yang mengalami ngompol.

2.  Kayumanis

Kayumanis dipercaya dapat mengatasi masalah mengompol pada anak karena efek menghangatkan tubuhnya. Tambahkan bubuk kayu manis pada roti bakar kesukaannya untuk sarapan pagi.

3. Gooseberry India

Gooseberry India, dikenal sebagai amla, sangat membantu dalam mengobati masalah mengompol pada anak Anda. Hancurkan gooseberry dan tuangkan madu di atasnya dan taburi sejumput kunyit. Sajikan pagi untuk anak Anda.

4.  Buah Cranberry

Cranberry benar-benar berkhasiat untuk berbagai penyakit, termasuk infeksi ginjal dan mengompol. Meskipun, dikatakan bahwa Anda tidak harus memberikan cairan untuk anak sebelum dia tidur, tapi jus cranberry dapat diberikan karena akan memecahkan masalah mengompol secara efektif.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengatur kadar asam dalam perut dan karenanya, mengurangi dorongan untuk sering buang air kecil. Cukup, menaruh beberapa cuka sari apel dalam segelas air dan minumkan pada anak 3 kali sehari.

6. Adas Biji

Adas merupakan obat lain yang berkhasiat mengatasi masalah mengompol. Ambil segelas susu hangat dan tambahkan satu sendok teh adas ,  2 sdm madu, aduk rata.  Berikan kepada anak Anda setiap hari untuk hasil yang memuaskan.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...