Home / Artikel Kesehatan / Herbal Alami Lawan Kepikunan

Herbal Alami Lawan Kepikunan

Kenangan adalah sebuah ingatan berisi kisah hidup kita. Tentu Banyak yang ingin mengenang saat-saat indah serta berbagi dengan orang yang kita cintai. Tapi mampukah kenangan bertahan lama dalam memori otak kita. Apa yang kita makan dan minum memiliki hubungan langsung dengan suasana hati dan pada akhirnya pada semua aspek kesehatan diri kita. Sebuah penelitian menyimpulkan kualitas makanan yang kita makan memegang peranan penting bagi kondisi daya ingat dan konsentrasi kita.

Otak terdiri dari sekitar 100 miliar sel (neuron) yang mengendalikan semua fungsi tubuh utama, termasuk daya ingat kita. Layaknya sel-sel pada tubuh kita, otak membutuhkan jumlah vitamin yang cukup untuk memastikan kelancaran dan pasokan tenaga secara terus menerus. Saat ini, tekanan hidup modern terasa begitu kompleks hingga bisa dikatakan dapat menjadi sebuah konspirasi untuk merusak fungsi ingatan kita. Tekanan darah tinggi, fungsi tiroid yang menurun, interaksi obat dan serangan lupa menyebabkan pikiran kita menjadi kosong ketika kita perlu mengingat kenangan yang tersimpan.

Herbal alami memberikan kita manfaat dalam kehidupan dengan banyak cara. Salah satunya adalah membantu kita dalam merevitalisasi pikiran dan mengembalikan kembali memori kita.

1. Kunyit

Anda mungkin sudah mengetahui tentang banyak manfaat kunyit dan komponen utamanya, curcumin. Curcumin membantu untuk menangkal demensia/ kepikunan. Alzheimer dan demensia lebih sedikit terjadi pada orang tua di India dibandingkan di Amerika. Lebih dari 1.000 studi pada manusia dan hewan yang diterbitkan para ahli telah meneliti kunyit dengan manfaat antioksidan dari kandungan kurkumin-nya.

Menurut Duke University, ekstrak kunyit memblokir pembentukan beta-amyloid, yang bertanggung jawab pada terbentuknya plak yang menghambat fungsi otak pada penyakit Alzheimer. Selain itu, penulis Shrikant Mishra dan Kalpana Palanivelu mengatakan dalam edisi jurnal Annals of India Academy of Neurology bahwa, berdasarkan temuan mereka, “kurkumin akan menyebabkan bantuan yang menjanjikan untuk penyakit Alzheimer,” sehingga berpotensi membantu dalam pengurangan demensia atau kepikunan.

2. Ginkgo

Spesies pohon tertua di dunia ini memiliki manfaat yang luar biasa berguna bagi kita selain sebagai pohon peneduh. Pada lebih dari 50 percobaan double-blind, daun ginkgo telah menunjukkan kegunaannya pada pasien dengan insufisiensi pembuluh darah otak, termasuk gejala seperti kehilangan memori jangka pendek. Karena ginkgo meningkatkan sirkulasi dan berkhasiat antioksidan, banyak spesialis pengobatan alternatif menganjurkan penggunaannya dalam membantu tahap awal Alzheimer, bahkan membantu untuk  mencegah timbulnya demensia.

3. Salvia

Pengobatan Cina modern bergantung pada salvia karena kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi mikro, melebarkan pembuluh darah, dan memperlambat pembekuan darah. Banyak obat allopathic yang datang dengan efek samping seperti depresi dan agitasi. Sedangkan  salvia di sisi lain sebenarnya memiliki efek menenangkan.

4. Ginseng

Ginseng telah digunakan di Cina untuk membantu mencegah penyakit dan penuaan selama berabad-abad. Hampir 10 tahun yang lalu, sekelompok peneliti China melaporkan sebuah studi tentang Ginseng yang melibatkan 40 pasien kepada American Stroke Association. Dua puluh lima dari 40 pasien dengan demensia vaskular dari ringan hingga menengah (dihasilkan dari serangkaian stroke kecil) menerima ekstrak ginseng dan, setelah 12 minggu, menunjukkan perbaikan memori yang signifikan, selama 15-anggota kelompok kontrol yang tersisa. Sebuah penelitian yang lebih baru oleh para peneliti Korea di Kyung Hee University menunjukkan bahwa ginseng hitam melindungi terhadap kerusakan saraf dan kognitif iskemia-induced dan dapat digunakan untuk membantu demensia vaskular.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...