Home / Artikel Kesehatan / Herbal Untuk Terapi Pengobatan Penyakit Epilepsi

Herbal Untuk Terapi Pengobatan Penyakit Epilepsi

Penyakit Epilepsi bukanlah penyakit keturunan atau penyakit menular. Walaupun penyabab pastinya belum diketahui, epilepsi umumnya disebabkan oleh kerusakan otak dalam proses kelahiran, luka dikepala, stroke, atau tumor otak.

Kejang yang merupakan gejala epilepsi terjadi ketika ledakan impuls listrik di otak melewati batas normal mereka. Impuls listrik menyebar ke daerah tetangga dan menciptakan “badai listrik” yang tidak terkendali. Impuls listrik dapat ditransmisikan ke otot, menyebabkan berkedut atau kejang.

Karena epilepsi disebabkan oleh tidak normalnya aktivitas sel otak, kejang-kejang dapat berdampak pada proses kordinasi otak anda. Kejang-kejang dapat menghasilkan :

– Kebingungan yang temporer
– Gerakan menghentak yang tidak terkontrol pada tangan dan kaki
– Hilang kesadaran secara total

Dari banyak studi menunjukkan bahwa rata-rata prevalensi epilepsi aktif 8,2/1000 penduduk, sedangkan angka insidensi mencapai 50/100.000 penduduk. Di Indonesia, dari 237,6 juta penduduknya, diperkirakan jumlah penyandang epilepsi sekitar 1,1 hingga 8,8 juta, sedangkan insidens sekitar 50-70 kasus per 100.000 penduduk.

Pengobatan Alami untuk penyakit Epilepsi

LIDAH BUAYA

Lidah buaya adalah sangat baik digunakan selama berabad-abad untuk mengobati banyak kondisi gangguan kesehatan termasuk epilepsi. Lidah buaya bukan hanya dapat digunakan untuk perawatan kulit, tetapi juga membantu dalam mengobati penyakit yang paling umum seperti diabetes, psoriasis osteoarthritis dan epilepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun lidah buaya memiliki sifat antikonvulsan yang signifikan dan aktivitas anti-oksidan.

Jus lidah buaya yang dikonsumsi dua kali sehari pagi dan sore hari pada perut kosong menunjukkan hasil yang efektif untuk pengobatan ini.

Herbal Untuk Terapi Pengobatan Penyakit EpilepsiVALERIAN

Valerian adalah herbal berbunga asli Asia dan tumbuh di hampir semua bagian dunia. Valerian memiliki catatan panjang penggunaan sebagai obat untuk epilepsi. Monoterpen dan seskuiterpen adalah dua konstituen penting hadir dalam valerian membantu untuk mengobati epilepsi.

Valerian memiliki sifat obat penenang, yang berpotensi sebagai obat antiepilepsi, hal ini membantu untuk meminimalkan efek samping seperti gangguan kognitif. Yang terbaik adalah bahwa valerian memiliki efek antikonvulsan (anti kejang), yang sangat berguna dalam mengobati epilepsi. Valerian tidak dianjurkan untuk wanita hamil.

CUKA SARI APEL

Cuka sari apel yang difermentasi dari apel yang dihancurkan mengandung vitamin, mineral, asam asetat, asam sitrat, biotin dan niasin. Meskipun epilepsi tidak dapat sepenuhnya disembuhkan, tetapi bagi sebagian orang ini dapat memberikan kesembuhan 80%  bagi orang-orang yang didiagnosa mengidap epilepsi.

Minum Cuka sari apel pada waktu perut kosong sebelum makan untuk memperoleh hasil terbaik.

Herbal Untuk Terapi Pengobatan Penyakit EpilepsiPASSION FLOWER

Passion Flower adalah herbal indah ini memiliki efek tranqullizing dan bertindak sebagai obat penenang, yang merupakan obat terkenal untuk stres serta sulit tidur sebagai gejala utama epilepsi.

Flavonoid, merupakan konstituen aktif dalam Passion Flower, yang bertindak sebagai agonis parsial pada reseptor dengan afinitas Micromola. Passionflower dikonsumsi dalam bentuk kapsul, tablet, tincture juga dalam bentuk teh memberikan hasil yang baik. Wanita hamil harus menghindari menggunakan ramuan ini.

GARAM EPSOM

Garam Epsom telah terbukti untuk mengobati epilepsi. Magnesium merupakan komponen penting dari pemulihan epilepsi dan banyak orang memilih suplemen magnesium menggunakan garam Epsom.

Meskipun garam Epsom tidak dikenal untuk dikonsumsi, Anda dapat membeli garam Epsom ‘food grade’ dengan dosis standar ½ sendok teh setiap pagi. Hal ini juga dianjurkan untuk makan makanan dalam porsi kecil, dan memasukkan lebih banyak sayuran hijau dalam diet Anda, serta  mengurangi teh, kopi dan konsumsi alkohol.

PERINGATAN! Konsultasikan dengan Dokter/ Ahli Terapi bila Anda ingin melakukan pengobatan alami ini.

 

Sumber:

– http://www.findhomeremedy.com/effective-herbal-remedies-for-epilepsy/

– http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/

 

Check Also

4 Tips Mujarab Menggunakan Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Asma, Bronkhitis dan Sinusitis

Dalam dunia pengobatan miinyak cengkeh dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Cengkeh adalah tanaman asli India ...

...