Home / Apotik Hidup / Kabar Gembira Untuk Mereka yang Suka Makan Lalapan Daun Kenikir!

Kabar Gembira Untuk Mereka yang Suka Makan Lalapan Daun Kenikir!

Daun Kenikir dikenal juga sebagai Randa Midang (Sunda) atau Ulam raja (Malaysia). Daun Kenikir memiliki bau khas harum. Tanaman ini  mengandung saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri, protein, lemak, karbohidrat dan kalsium. Kenikir adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin, Amerika Tengah, tetapi tanaman ini juga tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Spesies ini dibawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh Spanyol. Kenikir atau nama ilmiahnya Cosmos caudatus adalah anggota dari Asteraceae.

Daun kenikir yang masih muda dan pucuknya dapat digunakan untuk sayuran, dimakan mentah-mentah dan direbus lalap. Masyarakat Jawa sudah biasa menggunakan sebagai salah satu pelengkap pecel. Sayuran ini dapat ditemui di pasar-pasar. Orang Melayu menyebut kenikir sebagai ulam raja, yang kira-kira artinya adalah king of salad (rajanya salad). Memang awalnya kenikir digunakan dalam menu makanan asli Melayu, namun sekarang sudah termasuk ke dalam kelompok makanan yang digemari oleh mayoritas masyarakat Malaysia. Bahkan, orang asing yang berkunjung ke sana pun tidak segan untuk mencoba salad yang menggunakan daun kenikir dalam campuran dengan sayur lain.

Pemakaian tanaman ini secara tradisional di berbagai negara adalah untuk memperbaiki sirkulasi atau peredaran darah, penambah nafsu makan dan penguat tulang. Bau tanaman yang spesifik menyebabkan penggunaannya juga sebagai pengusir serangga.

Berikut beberapa manfaat kesehatan Kenikir:

1. Kenikir untuk obat maag dan gangguan lambung

Kandungan tokoferol, polifenol dan hidrosieugenol dari kenikir bermanfaat untuk menetralkan asam lambung.Otot sphingter lambung yang bertugas untuk menerima berbagai asupan makanan tanpa membahayakan lambung seseorang dapat diperkuat dengan khasiat dari Kenikir. Makanlah daun Kenikir yang sudah direbus sesaat dan ditambahkan garam sebagai lalapan untuk mendapatkan khasiat kesehatannya bagi pencernaan terutama lambung.

2. Kenikir untuk obat Lemah Jantung

Nutrisi dalam daun Kenikir berkhasiat untuk mengatasi lemah jantung. Tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan yang membuat beresiko ketergantungan dengan obat tersebut. Rebus daun kenikir dengan tiga gelas air dan biarkan sampai tersisa menjadi dua gelas, kemudian minumlah air rebusan daun kenikir.

3. Kenikir untuk Obat Kanker

Daun kenikir dengan kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan yang mampu melawan kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung dan kanker hati. Untuk menanggulangi penyakit kanker dapat mengkonsumsi rebusan daun kenikir sesering mungkin, namun tetap mengkonsumsi manfaat air putih yang berfungsi untuk pelarut zat agar mudah terbawa oleh darah.

4. Kenikir sumber antioksidan tinggi

Kenikir terbukti mempunyai khasiat dan daya antioksidan yang sangat tinggi. Sebuah hasil penelitian ilmiah menemukan bahwa tanaman ini mempunyai daya antioksidan ekivalen dengan daya antioksidan 2400 mg vitamin C per 100 gram bahan segar yang diteliti. Diketahui pula bahwa tingginya daya antioksidan itu ditimbulkan oleh khasiat lebih kurang 20 senyawa kandungan, yang mayoritas adalah dari golongan proantosianidin.

5. Kenikir untuk obat penambah Nafsu Makan

Daun kenikir dapat berfungsi sebagai obat penambah nafsu makan, karena kenikir memiliki kandungan senyawa kuersetin yang dapat meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak. Daun kenikir dapat diolah sebagai makanan lalapan yang dikonsumsi 3 kali dalam seminggu. Kenikir juga baik digunakan untuk menambah nafsu makan seseorang setelah operasi tertentu, untuk mengembalikan stamina tubuhnya.

Check Also

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

Cokelat ,siapa saja pasti suka coklat yaaa, mulai anak kecil sampai orang dewasa. Cokelat mempunyai beberapa ...

...