Home / Artikel Kesehatan / Ketahui Tanda Tubuh Anda Terlalu Asam dan 9 Cara Menyeimbangkannya Dengan Cepat

Ketahui Tanda Tubuh Anda Terlalu Asam dan 9 Cara Menyeimbangkannya Dengan Cepat

Berbagai masalah fisik dan penyakit banyak disebabkan oleh keasaman tubuh. Sebagian besar masyarakat di negara-negara industri menderita masalah yang disebabkan oleh pengasaman, yang disebabkan diet dan gaya hidup modern yang meningkatkankan keasaman lingkungan internal tubuh. Tubuh yang terlalu asam adalah tubuh yang tidak sehat. Ketika tubuh dalam suasana terlalu asam kondisi ini sangat cocok bagi pertumbuhan bakteri dan ragi sehingga mereka dapat berkembang dengan suburnya. Ketika tubuh terlalu asam, tubuh membutuhkan mineral dari organ vital dan tulang untuk menetralkan asam dan menghilangkannya dari dalam tubuh.

Karena itu, cadangan mineral tubuh seperti kalsium, natrium, kalium dan magnesium dapat menjadi sangat rendah dan menyebabkan kerusakan yang tidak terdeteksi selama bertahun-tahun, hingga mencapai pada tingkat yang tidak sehat, dan menyebabkan asidosis. Sebagian besar dari kita sudah mengkonsumsi makanan pembentuk asam yang cukup, seperti susu, biji-bijian, daging dan gula. Karena tubuh terus menghasilkan produk-produk limbah asam dari metabolisme. Produk-produk limbah ini perlu dinetralkan atau dikeluarkan dari dalam tubuh dengan beberapa cara. Untuk menetralkan pembentukan asam yang konstan ini, kita perlu memasok tubuh dengan makanan yang lebih basa.

Berikut adalah Masalah Kesehatan Yang Disebabkan Oleh Asidosis Ringan (keseimbangan PH tubuh yang buruk)

  • Radang Gusi Sensitif
  • gigi berlubang
  • kekebalan tubuh menurun
  • Skiatika, sakit pinggang dan leher
  • masalah pernapasan, sesak napas, batuk
  • Pertumbuhan berlebihan dari ragi dan jamur
  • Energi rendah dan kelelahan kronis
  • Kerusakan kardiovaskular , termasuk penyempitan pembuluh darah dan suplai oksigen ke jantung berkurang, aritmia, peningkatan denyut jantung
  • Berat badan, obesitas dan diabetes
  • Infeksi Ginjal
  • Mempercepat kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, penuaan dini
  • Mual, muntah, diare
  • Osteoporosis, tulang rapuh dan lemah, patah tulang pinggul, tulang taji
  • Sakit kepala
  • Mudah mengantuk
  • Kebingungan
  • Nyeri sendi, nyeri otot
  • Alergi
  • Penumpukan asam laktat
  • Jerawat

Bukankah Tubuh dapat Menyimbangkan  pH Tubuh  dengan Sendirinya?

Ya itu bisa, tapi hal tersebut bukan tidak memberikan dampak lain pada sistem tubuh. PH normal untuk semua jaringan dan cairan dalam tubuh, kecuali lambung adalah bersifat basa. Dengan pengecualian darah, semua sistem tubuh memiliki kisaran pH yang luas, sehingga mereka dapat bergeser untuk mempertahankan pH darah, yang harus dipertahankan pada margin atau batasan  yang sangat sempit yaitu 7,35-7,45.

Sebagai contoh, jika sistem tubuh menjadi terlalu asam, darah akan mengambil elemen pembentuk basa  sistem enzim pencernaan dari usus kecil. Akibatnya hal ini menciptakan  lingkungan yang kurang optimal bagi proses pencernaan yang baik. Jadi sementara tubuh dapat menyesuaikan pH sendiri, ia melakukannya dengan mengganggu sistem lain di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan tambahan.

Mulailah Dengan Mengetahui pH Tubuh Anda

Pengujian pH ini penting karena memungkinkan seorang untuk mendapatkan angkan yang merepresentasi  tingkat keasaman dalam tubuh Anda. Tubuh yang sehat akan memiliki kisaran pH sekitar 6,75-7,25. Pembacaan angka  pH yang optimal adalah 7.36. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ph pengujian cek referensi di akhir artikel

Anda tidak Dapat Mengetahui  Apakah Makanan Bersifat Asam Atau Alkaline Hanya  Dengan Merasakannya.

Sebagai contoh, banyak orang berpikir buah lemon bersifat asam, sementara Lemon diklasifikasikan sebagai buah asam,  padahal sebenarnya merupakan makanan pembentuk basa. Selama proses pencernaan asam teroksidasi menjadi karbon dioksida dan air, karena itu mereka tidak menciptakan kondisi asam dalam sistem tubuh. Kalsium, zat besi, magnesium, kalium dan natrium adalah mineral pembentuk basa utama. Makanan yang kaya dengan mineral ini dianggap makanan pembentuk basa. Kebanyakan makanan memiliki kedua mineral asam dan basa di dalamnya. Jika konsentrasi mineral asam dalam makanan tersebut lebih besar maka ia dianggap bersifat asam dan begitu pula sebaliknya.

Tubuh Memiliki Ambang Batas

Tubuh memiliki ambang batas untuk berapa banyak ketidakseimbangan asam yang disesuaikannya. Oleh karena itu asupan makanan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan asam-basa tubuh. Banyak penyakit dan kelelahan adalah hasil dari usaha tubuh untuk menyeimbangkan lingkungan internalnya. Secara umum, jika diet terdiri dari terlalu banyak makanan pembentuk asam, seperti konsumsi dalam jumlah tinggi daging, biji-bijian, susu, gula, tubuh menjadi lebih asam. Jika Anda makan terlalu banyak makanan yang bersifat alkali seperti sayuran hijau, buah-buahan, sayuran laut tubuh bisa menjadi terlalu basa. Keseimbangan adalah kuncinya.

Ketahui Tanda Tubuh Anda Terlalu Asam dan 9 Cara Menyeimbangkannya Dengan CepatBagaimana Tubuh Anda Merespons Makanan Tertentu?

Sangat penting untuk menyadari bahwa cara tubuh Anda merespon berbagai makanan tergantung pada jenis konstitusional yang dominan Anda. Jika jenis yang dominan Anda adalah oksidatif maka buah-buahan dan sayuran menggerakkan tubuh ke sisi yang lebih asam, sedangkan protein membuat tubuh Anda lebih basa. Namun jika Anda lebih dominan dengan sistem otonom (ANS) maka protein menyebabkan tubuh Anda menjadi lebih asam dan buah-buahan dan sayuran menggeser tubuh untuk lingkungan yang lebih asam.

Cara Meningkatkan Alkalinitas Anda

1. Periksa pH Anda secara teratur

2. Minum banyak air (air alkali bila mungkin)

3. Kurangi  makanan pembentuk asam

4. Ganti makan siang tradisional dengan salad hijau demgam porsi besar

5. Gunakan daun selada dan collard hijau sebagai pembungkus

6. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan olahan

7. Hindari minuman soda, gula dan kopi. Ganti dengan minum teh herbal, kopi herbal

8. Ganti minum susu dengan santan atau susu almond susu

9. Tambahkan jus hijau atau smoothie dalam menu diet Anda

Apa yang Anda Makan sangat Berdampak Pada Kesehatan Tubuh Anda

Menyeimbangkan tingkat pH tubuh mungkin memerlukan usaha yang tak sedikit, tetapi Anda akan menghargai manfaat usaha Anda ketika merasakan Anda lebih energik dan bersemangat dan kesehatan Anda secara keseluruhan membaik. Tidak ada pertanyaan tentang hal itu, “what you eat has a direct impact on your overall health” (apa yang Anda makan memiliki dampak langsung pada kesehatan Anda secara keseluruhan). Demikian kata Ann Wigmore, pendiri terkenal Hippocrates Health Institute.

http://www.whydontyoutrythis.com/2015/12/signs-your-body-is-too-acidic-and-9-ways-to-quickly-alkalize-it.html?m=1

Check Also

6 Cara Mencerahkan Kulit Gelap Di Bagian Pribadi Anda Secara Alami

Perawatan tubuh tidak hanya melibatkan bagian-bagian tubuh Anda yang terlihat tetapi juga bagian pribadi Anda. ...

...